WHO Singgung Corona Bakal Jadi Endemik, Ini Bedanya dengan Pandemi


Kamis,14 Mei 2020 - 13:39:09 WIB
WHO Singgung Corona Bakal Jadi Endemik, Ini Bedanya dengan Pandemi sumber foto health.detik.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan virus Corona COVID-19 bakal menjadi endemik baru. Pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan mengeluarkan pernyataan ini ketika beberapa negara mulai melonggarkan kebijakan pembatasan dan lockdown.

Dilansir dari laman health.detik.com, "penting untuk mengingat ini: virus ini bisa menjadi virus endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak akan pernah hilang," kata pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan, dalam pertemuan daring dan dikutip dari SCMP, Kamis (14/5/2020).

Disinggung WHO, virus Corona akan menjadi endemik baru. Lalu apa bedanya pandemi dan endemik? Mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), endemik merupakan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Endemik juga pada umumnya penyakit yang menetap dalam waktu yang lama di wilayah tertentu.

Di Indonesia sendiri salah satu penyakit endemik yang dikenal adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini pun tiap tahunnya akan terus muncul dan banyak memakan korban jiwa. Selain DBD, beberapa penyakit endemik lain di Indonesia, di antaranya malaria, hepatitis, hingga kusta.

Sedangkan pandemi merupakan penyebaran penyakit ke beberapa negara lain dan mempengaruhi sejumlah orang di seluruh dunia. Pandemi pun biasa disebut wabah penyakit global karena cakupannya lebih luas. Sebelum virus Corona, dunia sudah pernah mengalami pandemi, seperti Black Death, kolera, flu babi (H1N1), dan flu Spanyol. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]