Kota Padang Longgarkan Aktivitas Warga saat Transisi New Normal


Selasa,09 Juni 2020 - 16:06:18 WIB
Kota Padang Longgarkan Aktivitas Warga saat Transisi New Normal sumber foto news.okezone.com

Setelah menerapkan larangan bagi pendatang yang tidak memiliki KTP Padang pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), akhirnya pada masa transisi ke new normal ini, Pemerintah Kota Padang ini sudah memberikan kelonggaran dan sudah diizinkan bagi warga luar untuk masuk Kota Padang, Sumatera Barat.

Dilansir dari laman news.okezone.com, saat ini Kota Padang menjalankan transisi menuju penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) hingga 12 Juni 2020. Dengan keputusan itu, semua posko pemeriksaan atau check point perbatasan di wilayah Kota Padang telah dibongkar.

"Sekarang tidak berlaku lagi warga tak ber-KTP Padang dilarang masuk kota. Check point di perbatasan sudah kita bongkar, personel juga sudah ditarik. Ini berlaku sejak tanggal 7 Juni kemarin," kata Wakil Sekretaris IV Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang, Barlius, Selasa (9/6/2020).

Kata Barlius, sekarang Kota Padang memfokuskan diri penanganan selama transisi kenormalan baru dilakukan di Pasar Raya. Sebab kata Barlius, Pasar Raya Padang merupakan klaster terbesar penularan virus corona. Sehingga, check point pemeriksaan hanya ada di kawasan pasar tersebut untuk memeriksa masyarakat yang masuk.

"Kami fokus di Pasar Raya menjelang kenormalan baru ini ya, melakukan sosialisasi dan bagaimana menerapkan protokol kesehatan serta memutus mata rantai penularan. Ada dua check point di sana pas pintu masuk pasar, seperti kawasan air mancur dan sandang pangan," ujarnya.

Pasar Raya merupakan klaster terbesar di Indonesia dalam penyebaran covid-19. Tes swab massal bagi masyarakat yang beraktivitas di pasar telah beberapa kali dilakukan hingga masuk tahap ketiga. Tes swab massal yang telah dilakukan belakang kurang lebih 1.600 warga dinyatakan negatif dan 241 orang positif.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar mengatakan untuk pemeriksaan tes swab tahap ketiga ini, ditargetkan sebanyak-banyaknya terhadap warga yang beraktivitas di Pasar Raya. Mulai pedagang, buruh, sopir angkot hingga juru parkir.

"Ini tes swab ketiga kami lakukan hingga lima hari mendatang, atau masa transisi menjelang kenormalan baru. Dilakukan terhadap orang-orang yang sehari-hari beraktivitas di Pasar Raya," kata Andree.

Biasanya tes swab sebelumnya dilakukan di lantai empat Pasar Raya Padang tapi sekarang ini pengambilan sampel spesimen dilangsungkan di lantai dasar Mall Pelayanan Publik (MPP) di Blok III Pasar Raya Padang. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]