Gugus Tugas COVID-19 Umumkan 5 Kombinasi Obat yang Efektif Lawan Corona


Jumat,12 Juni 2020 - 15:09:10 WIB
Gugus Tugas COVID-19 Umumkan 5 Kombinasi Obat yang Efektif Lawan Corona sumber foto health.detik.com

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada hari Jumat (12/6/2020), mengumumkan lima kombinasi obat yang efektif melawan virus Corona. Hal ini diketahui berdasarkan hasil studi yang dilakukan para pakar di Indonesia.

Dilansir dari laman health.detik.com, Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga, Dr dr Purwati, SpPD, K-PTI FINASIM, menyebut lima kombinasi obat ini didapatkan setelah ilmuwan meneliti 14 regimen kombinasi obat. Hasil uji menunjukkan obat dapat menurunkan jumlah virus Corona dari ratusan ribu hingga sampai tidak terdeteksi dalam waktu 24 jam.

"Kita mendapat 5 kombinasi regimen obat yang mempunyai potensi dan efektivitas cukup bagus untuk menghambat virus masuk dalam sel target dan juga untuk menghambat atau menurunkan perkembangbiakan dari virus itu di sel," kata dr Purwati dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Jumat (12/6/2020). Berikut 5 kombinasi obat yang diumumkan efektif:

1. Lopinavir-ritonavir-azitromisin                               
2. Lopinavir-ritonavir-doksisiklin
3. Lopinavir-ritonavir-klaritromisin
4. Hidroksiklorokuin-azitromisin
5. Hidroksiklorokuin-doksisiklin

Regimen kombinasi obat corona tersebut dijelaskan dr Purwati tidak untuk diperjualbelikan secara bebas. "Belum diperjualbelikan. Ini kolaborasi antara UNAIR, BNPB, dan juga Badan Intelijen Negara," pungkas dr Purwati. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]