PBNU Imbau Anak-anak dan Orangtua Usia Lanjut Sholat Idul Adha di Rumah


Kamis,30 Juli 2020 - 16:35:20 WIB
PBNU Imbau Anak-anak dan Orangtua Usia Lanjut Sholat Idul Adha di Rumah sumber foto nasional.okezone.com

Ketua PBNU Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan Robikin Emhas menyampaikan bahwa umat Islam wajib menaati protokol kesehatan. Menurut dia, hal tersebut merupakan perintah agama dan ikhtiar dalam mencegah terinfeksi Covid-19.

Dilansir dari laman nasional.okezone.com, PBNU, kata dia, mempersilahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Adha untuk wilayah zona hijau dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan ibadah bisa dilakukan di masjid, tanah lapang, gedung, surau, musalah jika telah memenuhi syarat.

"Bagi masyarakat di zona hijau, wudhu dari rumah. Cuci tangan tangan dengan air mengalir kemudian wudhu. Datang ke tempat sholat sudah gunakan masker. Jangan ada seorang pun yang tidak pakai masker. Bawa alas sholat sendiri bisa sajadah, sarung dilipat atau alas sholat," kata Robikin dalam tayangan Youtube BNPB, Kamis (30/7/2020).

Robikin mengimbau warga yang berusia lanjut, anak-anak, hingga warga yang mempunyai penyakit bawaan untuk sholat Idul Adha dari rumah. PBNU juga meminta masyarakat untuk tidak bergerombol dalam melaksanakan ibadah sholat Idul Adha. Selain itu, warga juga diminta tidak bersalaman dan menggantinya dengan saling berbungkuk badan atau meletakkan tangan di dada.

"PBNU memandang pandemi Covid-19 adakah satu keadaan yang harus kita respons dengan baik, bawa dampak nyata, terutama pada dampak kesehatan," tuturnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]