Peringatan Hardiknas Tahun 2016

Semua Pihak Tanggungjawab Majukan Dunia Pendidikan


Senin,02 Mei 2016 - 16:51:50 WIB
Semua Pihak Tanggungjawab Majukan Dunia Pendidikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin memberikan apresiasi kepada M Setia Agam dari SD Negeri 14 Bengkalis selaku pemimpin upacara usai Peringatan Hardiknas Tahun 2016 di Lapangan Tugu Bengkalis, Senin (2/5/2016).

Keberhasilan pembangunan bidang pendidikan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi tugas semua pihak. Seluruh pemangku kepentingan terkait, harus bersinergi.

Demikian diungkapkan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam penyampaian pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K), Anies Baswedan saat upacara Senin pagi (02/05/2016) Peringatan Hari Pendiikan Nasional di di lapangan Tugu, Bengkalis. Tema Hardiknas 2016 ini adalah, 'Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita'.

Lebih jauh ia menyampaikan, tugas semua pihak untuk memastikan binar keingintahuan di mata setiap anak kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, serta  api semangat berkarya di dalam dirinya tidak akan padam.

“Tugas kita semua, untuk memberikan ruang selebar-lebarnya bagi anak-anak di daerah ini untuk berkontribusi dan ambil bagian secara aktif, memajukan dirinya, masyarakatnya, kebudayaan daerah dan bangsanya,” paparnya.

Katanya lagi, rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan terus bergerak melangkah maju adalah kunci kemajuan daerah dan bangsa. Amril yang mengenakan busana Melayu warna hijau tua mengatakan, seluruh stakeholder di Bengkalis benar-benar berperan sebagai pelita yang nan tak kunjung padam. Terus menyinari sehingga anak-anak di daerah ini bisa melihat peluang secara terang benderang.

"Sebagaimana dikatakan Menteri P dan K dalam sambutan yang kami bacakan, keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini, tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis ini, mencakup tiga komponen, yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi," katanya.

Karakter yang dimaksudkan Amril itu adalah, karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Sedangkan karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan.(*)

Jun-1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]