Penanganan Covid-19 Dinilai Membaik, Satgas Minta Masyarakat Tidak Lengah


Rabu,04 November 2020 - 09:20:45 WIB
Penanganan Covid-19 Dinilai Membaik, Satgas Minta Masyarakat Tidak Lengah Sumber foto liputan6.com

Koordinator Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, meski penanganan Covid-19 di Indonesia semakin baik, masyarakat diminta untuk tidak lengah dan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Menurut Wiku, pencapaian baik ini seyogyanya menjadi motivasi dalam meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pencegahan Covid-19.

Dilansir dari laman liputan6.com, “selalu disiplin protokol 3M dan pastikan beristirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan rutin berolahraga,” ucap Wiku Adisasmito melalui keterangan tertulis, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat bilamana merasakan gejala infeksi Covid-19. Bagi masyarakat yang positif Covid-19, kata Wiku agar ikuti anjuran tenaga kesehatan selama masa perawatan sehingga dapat segera sembuh.

Ia juga mengimbau masyarakat supaya tak takut untuk ke rumah sakit karena alasan terbentur biaya perawatan. Pasalnya menurut Wiku biaya perawatan bagi seluruh pasien Covid-19 semuanya ditanggung pemerintah.

"Ingat, kunci keberhasilan kita adalah menjalankan komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan. Pandemi ini, akan lebih mudah ditangani apabila masyarakat dan pemerintah sepakat bahu membahu menjalankan perannya masing-masing," kata Wiku.

Wiku juga menyampaikan, pihaknya mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk masyarakat dan pemerintah yang taat menerapkan protokol kesehatan.

"Saya ucapkan terima kasih atas usaha dan kerja keras, serta kesabaran baik masyarakat, tenaga kesehatan, relawan maupun pemerintah dalam menjalani kehidupan baru dengan beradaptasi terhadap Covid-19," ucapnya.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, Indonesia dinilai telah menurunkan tren kasus aktif, penurunan angka kematian, dan tren kenaikan angka kesembuhan dari bulan ke bulan. Dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), menurut Wiku lebih dari 68 persen masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

3 T Meningkat

Pada upaya pemerintah 3T yaitu testing, tracing dan treatment, menurut Wiku pencapaiannya juga meningkat. Disebutkan pada testing, pada bulan Juni 2020 lalu sebanyak 16,86 perseb, berangsur-angsur meningkat hingga minggu ketiga Oktober 2020 pernah mencapai 82,51 persen.

"Akan tetapi tetap ingat, masih ada tugas menanti seperti menekan angka kematian nasional sampai di bawah angka dunia. Kemudian menerapkan protokol kesehatan secara menyeluruh, serta memastikan kembali 3T, sehingga dapat memenuhi standar global," katanya.Dalam penanganan, Wiku memberi catatan, pada minggu keempat dan kelima Oktober 2020, terjadi penurunan cakupan testing yang bersamaan dengan libur panjang.

"Terjadi penurunan testing menjadi 74,78 persen dan 62,66 persen. Saat ini penanganan Covid-19 sudah berada jalur yang tepat, tentunya kami berharap jangan sampai terlena dan berpuas diri," pungkasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]