12 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan secara Cepat


Jumat,20 November 2020 - 09:16:37 WIB
12 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan secara Cepat sumber foto food.detik.com

Makanan yang dapat menurunkan berat badan secara cepat adalah makanan yang dapat meningkatkan laju metabolisme Anda dan dapat membantu menghilangkan lemak tubuh.

Dilansir dari laman foo.detik.com, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen "pembakar lemak" yang tak aman. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman alami yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan lemak. Berikut ini 12 makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Minyak ikan

Ikan laut seperti salmon, herring, sarden dan mackerel mengandung asam lemak omega 3 yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat membantu menghilangkan lemak tubuh.

Dalam studi terkontrol enam minggu pada 44 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kehilangan rata-rata 1,1 pon atau sebanyak 0,5 Kg lemak dan mengalami penurunan kortisol, hormon stres yang terkait dengan penyimpanan lemak.

Selain itu, ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk membentuk jaringan sel tubuh. Mencerna protein dapat membuat perasaan kenyang yang lebih besar dan meningkatkan laju metabolisme secara signifikan lebih dari mencerna lemak atau karbohidrat. Untuk meningkatkan kehilangan lemak dan melindungi kesehatan jantung, sertakan minimal 100 gram ikan berlemak dalam makanan setidaknya dua kali seminggu.

2. Minyak MCT

Minyak MCT dibuat dengan mengekstraksi MCT dari kelapa atau minyak sawit. MCT (medium chain tryglyceride) rantai menengah yang menjadi jenis lemak yang dimetabolisme secara berbeda dari asam lemak rantai panjang yang ditemukan di sebagian besar makanan.

Karena panjangnya lebih pendek, MCT dengan cepat diserap oleh tubuh dan langsung menuju ke hati, dimana mereka dapat segera digunakan untuk energi atau diubah menjadi keton untuk digunakan sebagai sumber bahan bakar alternatif

3. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi yang dapat menurunkan berat badan juga menjadi sumber kafein yang bagus dan dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kinerja mental dan fisik.

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan sembilan orang, mereka yang mengonsumsi kafein satu jam sebelum olahraga membakar lemak hampir dua kali lebih banyak dan mampu berolahraga 17 persen lebih lama daripada kelompok non-kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein meningkatkan laju metabolisme dengan mengesankan 3-13 persen tergantung pada jumlah yang dikonsumsi dan respon individu.

Ada juga penelitian yang menunjukkan ketika seseorang mengonsumsi 100 mg kafein setiap dua jam selama 12 jam. Orang dewasa kurus rata-rata membakar 150 kalori ekstra dan orang dewasa yang sebelumnya mengalami obesitras membakar 79 kalori ekstra selama periode waktu penelitian.

Untuk mendapatkan manfaat kafein dalam membakar lemak tanpa potensi efek samping seperti kecemasan atau insomnia, targetkan konsumsi 100-400 mg per hari. Ini adalah jumlah yang ditemukan dalam sekitar 1-4 cangkir kopi, tergantung dari kandungan kafeinnya.

4. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Telur adalah pembangkit energi namun tinggi protein. Meskipun kuning telur dulunya dihindari karena kandungan kolesterol yang tinggi, telur utuh sebenarnya telah terbukti membantu melindungi kesehatan jantung pada mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Asalkan dikonsumsi tidak berlebihan.

Selain itu telur juga disebut sebagai penurun berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berbahan dasar telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang selama beberapa jam pada individu yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Telur juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan laju metabolisme sekitar 20-35 persen selama beberapa jam setelah makan. Konsumsi tiga telur beberapa kali seminggu dapat membantu membakar lemak sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Minyak Kelapa

Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan Anda tampaknya dapat meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan menurunkan trigliserida, selain membantu Anda menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, pria gemuk yang menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa per hari ke makanan biasa mereka dapat menurunkan rata-rata 2,5 cm dari pinggang tanpa melakukan perubahan diet lain.

Mengonsumsi hingga 2 sendok makan minyak kelapa setiap hari dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak. Pastikan untuk memulai dengan satu sendok teh atau lebih dan secara bertahap tingkatkan jumlahnya untuk menghindari ketidaknyamanan pencernaan.

6. Teh Hijau

Teh hijau menjadi pilihan minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi dari jenis kanker tertentu.

Selain itu, teh hijau juga menyediakan kafein dalam jumlah sedang, teh hijau adalah sumber epigallocatechin gallate (EGCG) yang sangat baik. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga mendorong pembakaran lemak dan hilangnya lemak perut.

Minum hingga empat cangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk berpotensi meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

7. Cuka sari apel

Makanan yang dapat menurunkan berat badan secara tradisional adalah cuka sari apel. Cuka sari apel telah dikaitkan dengan pengurangan nafsu makan dan menurunkan gula darah serta kadar insulin pada penderita diabetes.

Terlebih lagi, komponen utama cuka adalah asam asetat yang telah ditemukan dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak perut pada beberapa penelitian pada hewan.

Memasukkan cuka sari apel dalam makanan dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Mulailah dengan 1 sendok teh per hari yang diencerkan dalam air dan secara bertahap tingkatkan hingga 1-2 sendok makan per hari untuk meminimalkan potensi ketidaknyamanan pencernaan.

8. Teh oolong

Teh oolong adalah salah satu minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian menemukan bahwa kombinasi katekin dan kafeind alam teh dapat meningkatkan pembakaran kalori rata-rata 102 kalori per hari. Minum beberapa cangkir teh hijau, teh oolong atau kombinasi keduanya secara tertaur dapat meningkatkan kehilangan lemak dan memberikan efek kesehatan lainnya.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu lemak yang sehat. Minyak zaitun telah terbukti menurunkan trigliserida, meningkatkan kolesterol HDL dan merangsang pelepasan GLP-1, salah satu hormon yang membantu Anda tetap kenyang.

Dalam sebuah penelitian kecil pada 12 wanita pascamenopause dengan obesitas perut, makan minyak zaitun extra virgin sebagai bagian dari makanan secara signifikan dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar wanita tersebut selama beberapa jam.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat mempengaruhi penurunan berat badan karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Buncis, lentil dan kacang polong dikenal sebagai kacang-kacangan. Sama halnya dengan oatmeal, kacang-kacangan juga mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan. Protein menyebabkan pelepasan hormon yang menandakan rasa kenyang.

11. Buah berry

Buah berry mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk menjaga berat badan. Satu cangkir buah berry seperti raspberry, strawberry dan blueberry mengandung 8 gram serat. Buah-buahan ini bisa dimasukkan dalam oatmeal.

12. Buah semangka

Buah berwarna merah dan kuning dengan rasa manis renyah ini dikenal sangat kaya akan kandungan air. Sangat cocok dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Selain itu semangka dikenal rendah kalori, 300 g semangka hanya mengandung 100 kalori.

Karena banyak mengandung air, konsumsi semangka akan membuat perut lebih cepat kenyang. Studi yang dilakukan Maret 2019 dan dipublikasikan di Nutrients, meneliti 2 grup peserta. Satu grup diberi semangka dan satu grup diberi cookies rendah lemak. Mereka yang makan semangka turun berat badannya lebih banyak dibandingkan yang makan cookies rendah lemak. Sehingga semangka dikenal sebagai makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]