Kemenkeu Targetkan Penyaluran PMN Rp45 Triliun Rampung Desember 2020


Jumat,20 November 2020 - 14:18:31 WIB
Kemenkeu Targetkan Penyaluran PMN Rp45 Triliun Rampung Desember 2020 sumber foto merdeka.com

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmawarta mengakui realisasi Penyertaan Modal Negara (PMN) terhadap BUMN masih rendah. Tercatat, per November 2020 realisasi PMN hanya mencapai Rp16,95 triliun dari total pagu Rp45 triliun.

Dilansir dari laman merdeka.com, "progres realisasi PMN baru Rp16,95 triliun pada November ini, dari total anggaran Rp45 triliun. Jadi, PMN yang sudah cair ini hampir seluruhnya dialokasikan di awal APBN 2020," ujar dia dalam webinar Dukungan Pemerintah Kepada BUMN pada APBN 2020, Jumat (20/11).

Isa merinci, realisasi tersebut dilakukan kepada PT PLN Persero sebanyak Rp 5 triliun, PT Permodalan Nasional Madani atau PNM (Persero) sebanyak Rp1 triliun, dan PT Hutama Karya (Persero) sebanyak Rp3,5 triliun dari total Rp11 triliun sehingga sisanya Rp7,5 triliun direncanakan akan dicairkan pada Desember 2020.

Kemudian, PT Sarana Multigriya Finansial atau SMF (Persero) Rp1,75 triliun untuk mendukung perumahan, PT Geo Dipa Energi (Persero) sebesar Rp700 miliar untuk pengembangan Dieng 2 dan Patuha, serta
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebesar Rp5 triliun. "Sehingga total baru Rp16,95 triliun yang dicairkan," imbuh dia.

Isa menambahkan, seretnya realisasi PMN tak lepas dari proses evaluasi secara menyeluruh dan proses birokrasi yang harus di tempuh oleh Kementerian Keuangan. Tujuannya agar mewujudkan pembiayaan yang tepat sasaran juga tidak menyalahi regulasi yang telah diatur.

"Jadi, pertama kita memberi tahu wartawan kalau kita tetap evaluasi lagi berdasarkan sejumlah kajian itu. Kalau sudah yakin kita Cairkan. Nah 6 BUMN ini dari awal sudah dilakukan evaluasi secara intens sehingga proses pencairan bisa lebih dulu," paparnya.

"Satu hal lagi dalam pencairan PMN ada proses regulasi ini bukan sesuatu yang standar, Karena kita terus melakukan rapat panitia antar kementerian, harmonisasi tetap kita jalani. Dari administrasi kita harus penuhi," imbuh dia.

Kendati demikian, pihaknya berkomitmen untuk segera menyelesaikan seluruh pencairan realisasi PMN sebelum memasuki Desember mendatang, salah satunya dengan percepatan proses legislasi. "Untuk proses diskusi sudah selesai. Tapi legislasi masih dalam proses terus. Mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan realisasi sebelum Desember," tandasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]