Seraya Menunggu Vaksin, Masyarakat Diminta Tetap Patuh 3M


Kamis,17 Desember 2020 - 09:51:33 WIB
Seraya Menunggu Vaksin, Masyarakat Diminta Tetap Patuh 3M sumber foto cnnindonesia.com

Sejumlah negara di dunia sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan spesifik terhadap penularan virus yang merenggut banyak korban. Indonesia pun sedang melakukan persiapan. Namun, upaya vaksinasi perlu didukung dengan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, sejumlah negara yang sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 yakni Amerika Serikat, Kanada, Uni Emirat Arab (UEA), dan Inggris. Adapun Indonesia sedang dalam tahap persiapan vaksinasi.

Dirga Sakti Rambe, vaksinolog dan spesialis penyakit dalam, menjelaskan bahwa setiap negara punya kebijakan berbeda-beda dalam memprioritaskan warga negara mana yang lebih dulu mendapatkan vaksinasi.

Indonesia, ujarnya, memprioritaskan tenaga kesehatan terlebih dahulu yang kesehariannya langsung merawat pasien-pasien Covid-19. Indonesia juga memberikan vaksin kepada penduduk berusia 18-59 tahun.

"Vaksin diberikan pada orang sehat sebagai upaya pencegahan. Dalam konteks pandemi Covid-19, bagi pasien Covid-19 yang sudah sembuh tidak menjadi sasaran prioritas karena dianggap sudah memiliki kekebalan," ujar Dirga dikutip dari laman resmi #SatgasCovid19 Nasional, Rabu (16/12).

Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sedang mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan bahwa proses vaksinasi sebagai upaya pemerintah dalam menangani pandemi. Namun demikian, ujarnya, perlu upaya-upaya ekstra yaitu protokol kesehatan yang harus dijalankan secara konsisten.

"Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M. Protokol kesehatan ini jangan sampai jadi slogan saja karena setiap upaya pencegahan tidak ada yang sempurna, jadi kita harus betul-betul melakukan semuanya," katanya.

Menurut Dirga, vaksin merupakan instrumen penting untuk mengendalikan pandemi, vaksinasi juga harus dilakukan bersamaan dengan 3M secara konsisten. Kehadiran vaksinasi diharapkan akan membantu karena vaksin memberi proteksi yang bersifat spesifik. (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]