Zona Merah Naik, Satgas Minta Daerah Serius Tangani Covid-19


Jumat,18 Desember 2020 - 10:58:11 WIB
Zona Merah Naik, Satgas Minta Daerah Serius Tangani Covid-19 sumber foto cnnindonesia.com

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nasional atau Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito meminta semua daerah menyikapi secara serius perkembangan peta zonasi risiko dari minggu ke minggu.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, hal tersebut lantaran jumlah daerah yang masuk zona merah atau risiko tinggi meningkat menjadi 64 dari pekan sebelumnya sebanyak 47 kabupaten/kota.

"Ini tentunya harus disikapi secara serius. Ingat, zona risiko sedang bukan zona aman. Sedikit lengah maka kabupaten/kota dapat berpindah ke zona yang lebih tinggi dan lebih berbahaya," ujar Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/12).

Perkembangan peta zonasi risiko minggu ini pun terlihat sama seperti tren yang terjadi sebelumnya. Mayoritas kabupaten/kota masih merasa nyaman untuk berada di risiko sedang atau zona oranye.

Jumlah daerah yang masuk zona oranye pada pekan ini meningkat menjadi 380 dari 371 kabupaten/kota pada pekan lalu. Pada zona kuning atau risiko rendah, jumlahnya menurun menjadi 59 dari 84 kabupaten/kota pada pekan sebelumnya.

Jumlah daerah yang masuk zona hijau atau tidak ada kasus baru bertambah tipis menjadi 7 daerah, dari 6 kabupaten/kota pada pekan sebelumnya. Adapun, zona hijau tidak terdampak pun menurun jumlahnya menjadi 4 dari 6 kabupaten/kota pekan sebelumnya.

Wiku menyimpulkan, berdasarkan pemetaan pada zona risiko tersebut terlihat mayoritas kabupaten/kota di Indonesia berada di risiko sedang. Sedikit saja lengah, ia khawatir daerah-daerah tersebut dapat berpindah ke zona merah. Untuk mencegah hal itu, Wiku meminta upaya 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terus dimasifkan.

Dia menegaskan bahwa penegakan disiplin protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat agar lebih digencarkan. "Agar masyarakat menjadi disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan," katanya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]