Inspirasi Lukisan Skandal Abad 19, Koreografer London Tampilkan Balet


Rabu,10 Februari 2016 - 16:57:50 WIB
Inspirasi Lukisan Skandal Abad 19, Koreografer London Tampilkan Balet lukisan 'Madame X' di Metropolitan Museum of Art di New York. (foto: int)

Pertama kali melihat sebuah lukisan skandal dan kontroversial abad ke-19, koreografer asal London Christopher Wheeldon langsung terilhami menciptakan sebuah koreografi balet. Produksi terbarunya 'Strapless' tampil perdana di London Royal Ballet pekan ini.

Dilansir Reuters, Rabu (10/2/2016), pria kelahiran Inggris melihat lukisan 'Madame X' di Metropolitan Museum of Art di New York. "Aku langsung jatuh cinta dengan lukisannya dan membuatku banyak berpikir. Dari sikapnya, warna kulitnya, sikapnya berdiri di kegelapan dan itu benar-benar mengagumkan," katanya.

Setelah melihat karya seni tersebut dan pulang ke rumah, Wheeldon menyadari ada cerita skandal di balik lukisan tersebut. “Dia tampak seperti karakter indah untuk gerakan-gerakan balet,” tambahnya.

Lukisan tersebut pernah menimbulkan kegemparan sosial di abad ke-19 di Paris. Dikisahkan John Singer Sargent menikah dengan sosialita Amelie Gautreau. Kisah cinta keduanya menyimpan misteri. Potret di lukisan terlihat perempuan mengenakan gaun hitam dengan tali permata di bagian bahunya.

Diresmikan pada 1884, lukisannya dianggap provokatif dan membuat masyarakat terkejut. Reputasi Sargent pun rusak akibat lukisannya, meski akhirnya dia kembali membangun karier sebagai seniman.

“Dia melukis sesuatu yang dia pikir akan menjadi besar. Modelnya berpose dan berpikir akan menjadi potret yang sempurna dari dirinya. Hal menarik adalah pekerjaan apapun yang bisa dilakukan untuk semua orang,” katanya lagi seperti dilansir detik.com.

Kini, 'Strapless' produksi ke-8 dari Wheeldon tengah ditampilkan di Royal Ballet. Diikuti oleh produksi lainnya 'Alice's Adventures in Wonderland' dan 'A Winter's Tale'. Premier pementasan digelar pada 12 Februari mendatang.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]