Ada Proyek Tol Jokowi Mandek, Ini Salah Satunya!


Selasa,27 April 2021 - 16:02:40 WIB
Ada Proyek Tol Jokowi Mandek, Ini Salah Satunya! sumber foto cnbcindonesia.com

Beberapa ruas proyek tol yang dibangun Presiden Jokowi tak semuanya berjalan mulus, termasuk ruas Tol Trans Sumatera. PT Hutama Karya (Persero) Tbk memastikan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Padang - Sicincin berjalan meski ada kendala pembebasan lahan.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, sempat dikabarkan proyek ini telah distop oleh perusahaan konstruksi negara itu. Tol Padang-Sicincin merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatra yang merupakan bagian dari ruas Tol Padang-Pekanbaru.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan dalam membangun proyek Tol Padang - Sicincin kerap dihadapkan dengan kendala di lapangan. Salah satunya adalah pembebasan lahan warisan.

"Pembebasan lahan di wilayah Sumatera Barat memang masih menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan. Meski demikian progres yang tidak begitu signifikan di ruas tol ini bukan karena pembangunan yang lambat. Tapi perusahaan hanya dapat mengerjakan konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan," kata Koentjoro dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (27/4/2021).

"Jika tersedia kelebihan sumber daya, maka akan kami lakukan refocusing ke ruas proyek tol lain yang lebih siap lahannya," tambah Koentjoro. Koentjoro mengatakan perusahaan juga sudah memikirkan rencana percepatan pembangunan Tol Padang - Sicincin. Beberapa rencana skema alternatif mulai dari pengajuan penetapan lokasi baru, relokasi trase, hingga koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan ini.

"Hal ini kami lakukan untuk mempertimbangkan masyarakat setempat yang menyatakan bahwa tanah di sekitar pembangunan merupakan tanah pusaka dan produktif. Namun dalam pelaksanaannya, kami mengikuti sepenuhnya keputusan yang telah ditetapkan regulator," kata Koentjoro.

Koentjoro juga menegaskan bahwa sampai saat ini, perusahaan tidak pernah mengeluarkan pernyataan/statement di luar siaran pers/klarifikasi resmi yang didistribusikan oleh Komunikasi Korporat Hutama Karya. Sehingga, jika terdapat informasi simpang siur yang beredar, perusahaan tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang kurang lebih 1.064 Km dengan 551 ruas tol konstruksi dan 513 ruas tol operasi.

Adapun ruas Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi secara penuh yakni Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (141 Km), Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang - Indralaya (22 Km), Tol Medan - Binjai seksi 2 & 3 (15 Km), Tol Pekanbaru - Dumai (131 Km) dan Tol Sigli - Banda Aceh seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang (14 Km). (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]