Kawasaki Lanjutkan Paten Terkait Teknologi Baru Motor Hybrid


Rabu,28 April 2021 - 11:23:44 WIB
Kawasaki Lanjutkan Paten Terkait Teknologi Baru Motor Hybrid Sumber foto liputan6.com

Tren elektrifikasi yang menyengat industri otomotif, tidak hanya berfokus pada mobil saja. Namun, industri sepeda motor juga terus mengembangkan elektrifikasi dengan hadirnya pabrikan seperti Zero Motorcycle dan Harley-Davidson.

Dilansir dari laman liputan6.com, meski semua pabrikan menyiapkan model listrik yang siap diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang, tidak demikian dengan pabrikan Kawasaki. Pabrikan yang dikenal dengan sebutan 'Geng Hijau' ini justru tidak melirik elektrifikasi sebagai model yang harus ditempuh.

Kawasaki justru benar-benar merunut teknologi tren tersebut mulai dari menghadirkan sistem hybrid untuk sepeda motor. Meski pada awalnya ide ini sudah mencuat sejak 2019, namun saat ini mereka menjelaskan beberapa hal penting dari teknologi hybrid tersebut.

Sejauh ini, belum ada pabrikan lain yang mengusung teknologi hybrid yang ditawarkan kepada konsumen. Semua berfokus pada kendaraan listrik saja.

Dalam sebuah gambar bocoran mengenai paten hybrid untuk sepeda motor yang digagas oleh Kawasaki, mereka kini merinci beberapa hal baru seperti desain, ukuran dan posisi potensial untuk meletakkan baterai listrik di sepeda motor nantinya.

Keberadaan baterai listrik ini bukan sebagai powertrain utama. Karena, secara basisnya, mesin bensin yang diadopsikan masih menjadi faktor utama untuk menghasilkan tenaga.

Hybrid Berguna untuk Efisiensi Bahan Bakar

Adapun penerapan teknologi hybrid di motor Kawasaki, akan menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik berkat adanya baterai listrik. Selain itu, keberadaan sistem hybrid juga akan dimaksudkan untuk memberikan daya jelajah yang lebih jauh ketimbang penggunaan powertrain listrik secara penuh.

Dengan penggunaan teknologi hybrid, maka baterai dengan kapasitas kecil juga bisa diandalkan melalui mesin pembakaran internal untuk mengisi ulang baterai.

Meskipun paten tersebut sudah terkuak ke dunia maya, namun Kawasaki masih enggan untuk membicarakan perihal kapan prototype motor hybrid tersebut bisa ditampilkan ke publik. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]