10 Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami, Gunakan Bahan Dapur


Selasa,25 Mei 2021 - 15:45:42 WIB
10 Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami, Gunakan Bahan Dapur Sumber foto liputan6.com

Cara mengusir semut tentunya perlu diketahui oleh setiap orang. Hewan kecil satu ini memang dapat mengganggu kenyamanan di rumah karena sering kali datang dalam jumlah banyak. Sedikit saja ada makanan berceceran di rumah, semut bisa-bisa langsung muncul dan berkumpul.

Dilansir dari laman liputan6.com, mengusirnya dengan bahan pestisida dan kapur tentunya sangat ampuh dilakukan. Namun, terlalu sering menggunakan bahan-bahan tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Penggunaan bahan alami menjadi alternatif sehat dan baik untuk mengusir semut.

Cara mengusir semut secara alami menggunakan bahan-bahan dapur yang biasanya ada di rumah. Bahan rumahan tersebut tinggal kamu gunakan dengan menjadikannya bahan semprotan atau meletakkannya di bagian yang banyak semut di rumah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021) tentang cara mengusir semut.

Cuka

Cara mengusir semut yang pertama adalah menggunakan cuka dan air. Campuran cuka dan air dapat menjadi insektisida yang murah meriah. Cara membuatnya mudah saja, tinggal larutkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan larutan tersebut dalam botol spray.

Cara mengusir semut dengan cuka ini adalah dengan menyemprotkan larutan langsung ke arah barisan semut. Larutan ini dapat membuat semut mati. Kamu juga bisa menyemprotkan larutan cuka pada bagian rumah yang sering dilalui semut, seperti bingkai jendela, pintu, dan furnitur kayu lain.

Larutan ini terbukti ampuh membuat semut enggan mendekat. Bau cuka yang menyengat akan hilang setelah mengering. Untuk dapatkan hasil maksimal, semprotkan secara rutin setiap pagi.

Perasan Lemon atau Jeruk

Selain memberikan bau segar untuk rumahmu, perasan lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengusir semut. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut dan bisa dijadikan cairan insektisida alami.

Cara menggunakannya mudah saja, kamu tinggal mencampurkan air dengan perasan lemon atau jeruk dengan perbandingan 1 buah lemon dan 3 bagian air. Kemudian masukkan ke dalam botol spray

Semprotkan cairan tersebut langsung pada kerumunan semut atau bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Larutan lemon atau jeruk ini bisa menjadi pilihan alternatif jika kamu tidak menyukai bau cuka.

Sabun Cuci Piring

Cara mengusir semut selanjutnya menggunakan sabun cuci piring dan air. Air sabun adalah insektisida alami yang dapat membunuh semut. Tidak hanya semut sebagain serangga lainnya juga bisa diusir dengan larutan ini.

Caranya dengan mengisi sebuah botol semprotan dengan satu bagian sabun cuci piring dan dua bagian air. Kemudian kocoklah agar larutan dapat tercampur dengan merata.

Kemudian, semprotkan larutan ini kepada segerombolan semut tersebut. Setelahnya, bersihkan semut yang mati dengan lap basah. Simpanlah larutan tersebut untuk digunakan kembali di lain waktu.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi tidak hanya nikmat ketika diminum saja, bubuk kopi juga ternyata mampu digunakan sebagai cara mengusir semut yang bandel. Caranya mudah, cukup letakkan bubuk kopi di daerah yang biasanya semut datang. Semut tidak suka bubuk kopi sehingga akan membuat mereka menjauh dari tempat tersebut.

Cengkeh

Cara mengusir semut tanpa perlu air dengan bahan dapur, bisa menggunakan cengkeh. Kamu bisa menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya.

Tepung Terigu

Cara mengusir semut dengan tepung terigu juga bisa menjadi alternatif. Caranya juga sangat mudah, kamu tinggal menaburkan tepung maizena pada kerumunan koloni semut yang bergerombol secara langsung atau kamu juga bisa menambahkan sedikit air.

Bubuk Cabai Rawit

Hewan berbadan kecil ini rupanya tidak suka dengan aroma pedas. Bubuk cabai yang pedas ampuh untuk mengusir semut. Cara mengusir semut dengan bubuk cabai rawit ialah dengan meletakkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil.

Lalu, tempatkan wadah bubuk cabai tersebut dekat dengan makanan yang diburu semut-semut tersebut. Semut-semut tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Lada

Pilihan alternatif bahan alami untuk mengusir semut di rumah, kamu bisa menggunakan lada. Caranya mudah, kamu cukup menaburkan lada di pinggiran lantai. Aroma lada yang panas dan sedikit pedas bisa membuat semut enggan naik ke permukaan.

Bawang Putih

Umumnya, bawang putih memang menjadi bumbu dapur. Namun, bawang putih juga bisa menjadi alternatif cara mengusir semut yang efektif. Kamu cukup mengiris bawang putih secukupnya. Lalu, letakkanlah pada pojok ruangan di mana kamu kerap melihat semut berkeliaran.

Garam

Garam sebenarnya tidak akan membunuh semut, tetapi garam bisa mencegah dan menghentikan semut datang ke rumah. Kamu bisa menaburkan garam ke retakan, lubang, atau daerah yang semut rawan datang. Pastikan bahwa daerah yang akan ditaburi tersebut dalam keadaan kering.

Kamu juga bisa membuat garis pembatas yang tidak akan dilanggar semut menggunakan garam. Garis pembatas berupa garis putus-putus yang dipenuhi dengan salah satu bahan, tidak hanya garam namun jug bahan lainnya yang telah disebutkan.

Gunakan salah satu bahan di atas untuk membuat garis di sekitar bingkai jendela, di sekitar rumah, dan di tempat-tempat yang bisa digunakan semut untuk masuk. Perbarui garisnya setiap beberapa hari sekali, karena semut akan dapat melewatinya jika garisnya terputus. Kini, kamu pun dapat terhindar dari kehadiran semut di dalam rumah. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]