Satelit Republik Indonesia Mulai Dirakit, Ini Jadwal Peluncurannya


Rabu,23 Juni 2021 - 10:35:56 WIB
Satelit Republik Indonesia Mulai Dirakit, Ini Jadwal Peluncurannya sumber foto inet.detik.com

Proyek strategis nasional Satelit Republik Indonesia (Satria) atau satelit Satria-1 mulai memasuki tahapan konstruksi. Dijadwalkan, satelit tersebut meluncur pada kuartal ketiga 2023.

Dilansir dari laman inet.detik.com, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, konstruksi satelit Satria-1 ini dilakukan usai ditandangani preliminary working agreement antara badan usaha pelaksana dan pabrikan satelit Thales Alenia Space.

"Setelah proses financial close usai, saat ini memasuki proses konstruksi. Sekarang progresnya 11,5%," ujar Direktur Infrastruktur Bakti Bambang Nugroho, Selasa (22/6/2021).

Proses pembangunan satelit Satria-1 ini meliputi Payload System Requirement Review, Service and Communications Module Equipment Qualification Status Review, hingga Preliminary Design Review.

Disampaikan Bambang, proses pembangunan satelit ini terhitung lama dari Q4 2020 hingga Q2 2023. "Diharapkan dapat diluncurkan pada Q3 2023 dan beroperasi di akhir tahunnya," ucapnya.

Pengadaan satelit Satria-1 dilakukan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Satria-1 merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

Adapun, satelit pemerintah ini dikerjakan PT Satelit Nusantara Tiga (SNT), perusahaan yang dibentuk oleh pemenang tender yang terdiri dari PT Pintar Nusantara Sejahtera, PT Pasifik Satelit Nusantara, PT Dian Semesta Sentosa, dan PT Nusantara Satelit Sejahtera.

SNT selaku badan usaha swasta yang mengoperasikan satelit Satria-1 telah menggaet investor untuk pendanaan Satria, yakni BPI France dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dari China. Terbaru, HSBC menyalurkan kredit pinjaman sebesar USD 77,6 juta atau setara Rp1,1 trilun dengan kurs USD 14.476.

Satelit Satria 1 yang berjenis High Throughput Satellite (HTS) ini akan diproduksi perancang dan pabrikan asal Prancis, Thales Alenia Space. Adapun, peluncurannya, satelit Satria-1 akan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX, lalu diluncurkan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Setelah beroperasi, pemerintah akan memanfaatkan satelit Satria untuk menyediakan akses internet di 150 ribu titik layanan publik, terdiri dari sekolah/pesantren, pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, hingga keamanan. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]