Merintis UKM Tak Perlu Modal Besar


Sabtu,27 Februari 2016 - 14:45:39 WIB
Merintis UKM Tak Perlu Modal Besar (foto: Parlindungan)

CEO PT Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan, merintis usaha kecil dan menengah (UKM) tak harus bermodal besar. Cukup menjalankannya dengan penuh ketekunan dan komitmen. Intinya jangan takut berusaha hanya karena tak punya modal cukup.

“UKM bisa jadi besar jika dikerjakan dengan baik, dengan komitmen. Jangan mengeluh nggak punya uang, nggak diberi kredit,” ujar Irwan dalam acara d'Preneur yang bertemakan Discover The Big Preneur di Hotel Golden Flower, Bandung, Sabtu (26/2/2016) seperti dimuat detik.com.

Dia menambahkan, usaha itu bisa berjalan dan berhasil karena kemampuan pelaku usaha berani mewujudkan ide-ide di luar kebiasaan. Sedangkan uang itu memang penting, namun bukan segalanya dalam menjalankan usaha. “Yang bisa jadikan usaha anda besar itu adalah gagasan, bukan cuma ngomongin duit,” kata Irwan.

Kekuatan ide dalam berusaha itu juga disampaikan kepada para mahasiswa yang berkunjung ke pabrik Sido Muncul. “Mahasiswa yang datang ke pabrik saya 6.000 sampai 8.000 orang setiap bulan, dipresentasikan kepada mereka bagaimana caranya agar UKM bisa menjadi besar,” kata Irwan.

Selain itu, Irwan juga berpesan, untuk memulai usaha tidak perlu malu karena cuma punya modal sedikit. Pabrik pertama Sido Muncul buktinya, berdiri di Semarang hanya diawali dengan menyewa 2 ruangan dengan 3 orang karyawan. Tapi berkat ketekunan dan dukungan semua pihak untuk berjuang bersama merintis usaha ini maka Sido Muncul akhirnya bisa menjadi perusahaan besar seperti saat ini.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]