Harga Actemra & Kevzara, 2 Obat Covid Baru Rekomendasi WHO


Kamis,08 Juli 2021 - 09:16:23 WIB
Harga Actemra & Kevzara, 2 Obat Covid Baru Rekomendasi WHO sumber foto cnbcindonesia.com

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Selasa (6/7/2021) merekomendasikan penggunaan Actemra dan Kevzara sebagai obat untuk pasien Covid-19.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, yang mengutip Reuters, rekomendasi ini didasari dari data yang menyebut bahwa kedua obat ini mampu untuk "mengurangi risiko kematian dan kebutuhan akan ventilasi mekanis". Hasil ini didapatkan dari penelitian yang melibatkan 10.930 pasien.

"Kami telah memperbarui panduan perawatan perawatan klinis kami untuk mencerminkan perkembangan terbaru ini," kata pejabat Darurat Kesehatan WHO Janet Diaz.

Pada faktanya, kedua obat ini sebenarnya merupakan obat yang digunakan untuk pengobatan radang sendi. Diketahui bahwa beberapa penyakit yang dapat diobati Actemra dan Kevzara adalah rheumatoid arthritis (RA), arteritis sel raksasa (GCA), arthritis idiopatik poliartikular aktif (PJIA), danarthritis idiopatik sistemik aktif (SJIA).

Selain permasalahan sendi, kedua obat ini juga dapat digunakan untuk membantu memperlambat laju penurunan fungsi paru-paru pada orang dewasa. Namun keduanya baik Actemra dan Kevzara merupakan obat yang sangat keras sehingga harus digunakan dengan resep dan pengawasan dokter.

Sebelum penggunaan, dokter akan betul-betul melakukan screening yang ketat mengenai kemungkinan penggunaan obat ini kepada pasiennya. Bila tidak, akan muncul gejala-gejala yang sangat berat.

Mengenai harga jualnya, menurut harga eceran tertinggi (HE) oleh Kemenkes, Actemra dijual dengan nama Tocilizumab. Tocilizumab 400 mg/20 ml infus dijual seharga Rp 5.710.600, dan Tocilizumab 80 mg/4 ml infus sipatok Rp 1.162.200.

Sementara itu untuk Kevzara, belum ada info resmi mengenai apabila obat ini telah masuk ke Indonesia. Namun di Amerika Serikat (AS), mengutip Drugs.com, obat ini sendiri dipatok dengan harga US$ 3.827 atau setara Rp 55 juta untuk dosis150 mg/1.14 mL. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]