Pengajuan Dokumen Manifes Wajib Cantumkan NPWP per 1 Agustus


Senin,02 Agustus 2021 - 08:51:48 WIB
Pengajuan Dokumen Manifes Wajib Cantumkan NPWP per 1 Agustus sumber foto cnnindonesia.com

Kementerian Keuangan mewajibkan pengajuan dokumen rencana kedatangan sarana pengangkut (RKSP) dan manifes kedatangan sarana pengangkut atau inward manifest oleh pengangkut mencantumkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) penerima atau consignee.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, kewajiban ini berlaku mulai 1 Agustus 2021 kemarin. Mengutip Antara, Senin (2/8), kewajiban diberlakukan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 158/PMK.04/2017 j.o 97/PMK.04/2020 serta Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai (Perdirjen) nomor PER-11/BC/2020.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menyatakan aturan ini ditetapkan untuk meningkatkan kepatuhan perpajakan atas transaksi kepabeanan. Selain itu, kebijakan ini diterapkan juga demi menghindari penipuan atau penggunaan identitas penerima barang tanpa izin pada inward manifest.

Kemudian, hal ini juga untuk mewujudkan tertib administrasi perpajakan atas transaksi kepabeanan, baik impor maupun ekspor. NPWP juga diperlukan untuk validasi dan bukti rekonsiliasi ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk outward manifest.

Dengan NPWP, maka pengguna jasa akan mendapatkan notifikasi barang jika sudah tiba. Kemudian, pengguna jasa juga dapat melakukan entry PIB dengan menarik data manifes menggunakan referensi NPWP.

Namun, pengguna jasa bisa memasukkan dokumen lain jika tak ada NPWP, seperti nomor induk kependudukan (NIK) consignee atau shipper WNI, nomor paspor consignee atau shipper yang bukan WNI, atau identitas lain sesuai ketentuan PER-11/BC/2020.

Kementerian Keuangan mengimbau pengangkut atau pengguna jasa dapat mematuhi kewajiban ini. Pengguna jasa bisa menghubungi contact center bea cukai 1500225 atau melalui live web chat di bit.ly/bravobc untuk mengetahui informasi yang lebih detail. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]