Beroperasi Akhir 2021, Proyek Tol Pekanbaru–Bangkinang Libatkan Pengusaha Lokal


Rabu,06 Oktober 2021 - 11:26:03 WIB
Beroperasi Akhir 2021, Proyek Tol Pekanbaru–Bangkinang Libatkan Pengusaha Lokal KOMPAS.COM

Dalam menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, PT Hutama Karya (Persero) melibatkan para pengusaha lokal. Jalan bebas hambatan berbayar yang merupakan bagian dari Tahap I Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ini ditargetkan dapat beroperasi akhir 2021.

Dilansir dari laman kompas.com. saat ini, konstruksi proyek yang masuk dalam koridor Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer ini menunjukkan progres 74 persen. Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, jika rampung, tol ini akan menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan. Baca juga: Dikebut, Pengadaan Lahan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sebelumnya Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer pada akhir tahun 2020.

 “Nantinya menjelang akhir tahun ditargetkan bisa digunakan sepanjang 31 kilometer dengan exit toll berada di STA 9 dan di STA 40,” jelas Koentjoro dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Untuk dapat mencapai target tersebut, Koentjoro berharap, proses pengadaan lahan pada sejumlah titik yang belum dimulai konstruksinya, bisa segera selesai. Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Hutama Karya terus melakukan upaya agar Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat segera dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kunjungan Bapak Jokowi pada bulan Mei 2021 lalu memberikan motivasi tak hanya kepada Hutama Karya, melainkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan untuk dapat segera menuntaskan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini,” jelas Koentjoro.

Konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang ditangani oleh salah satu anak perusahaan Hutama Karya PT HK Infrastruktur (HKI).

“Kami berterima kasih kepada rekanan dalam pengerjaan proyek JTTS oleh HKI, khususnya di proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang. Berkat sumber daya yang diperoleh dari vendor rekanan, HKI mampu membangun jalan tol dengan kualitas yang terbaik,” ujar Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti.

Aji menambahkan, salah satu wujud yang diberikan HKI dalam memberikan nilai tambah tersebut yakni dengan melibatkan vendor, supplier dan subkontraktor yang berkualitas.

HKI memulai pekerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sejak tahun 2019. Sejak awal pembangunan, HKI telah melibatkan pengusaha setempat.

Dari seluruh vendor, supplier dan sub-kontraktor yang dilibatkan dalam pembangunan ini, 30 persen di antaranya adalah pengusaha setempat yang berdomisili di Provinsi Riau.

Beberapa cakupan pekerjaan yang dikerjakan oleh rekanan lokal di proyek jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang antara lain pekerjaan tanah, material agregat, beton ready mix hingga beton precast. (RF)



 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]