Kriteria Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum Menurut ITAGI


Kamis,21 Oktober 2021 - 09:05:56 WIB
Kriteria Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum Menurut ITAGI sumber foto kompas.com

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro mengungkap kriteria jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat. "Rencananya booster itu kan bisa dilakukan dengan vaksin yang sama yang kita sebut homologous atau vaksin yang berbeda heterologous," kata Sri saat dihubungi Kompas com, Kamis (21/10/2021).  

Dilansir dari laman kompas.com. "Misalnya Sinovac (dosis pertama) Sinovac (dosis kedua) di-booster pakai AstraZeneca kan beda itu," kata dia. Baca juga: Jokowi Ingin Booster Vaksinasi Covid-19 Mulai Disuntikkan Awal 2022 Sri mengatakan, ada tiga kriteria yang ditetapkan ITAGI untuk vaksin booster yaitu pertama, vaksin Covid-19 tersebut dapat memblokir protein spike pada Covid-19 yang bisa masuk melalui saluran pernapasan. Kedua, vaksin tersebut memiliki efikasi yang lebih tinggi. "Kita mencari efikasinya lebih tinggi misalnya AstraZeneca, Pfizer, Moderna lebih tinggi dari Sinovac," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Sri juga mengatakan, kriteria terakhir adalah efikasi vaksin terhadap varian baru virus Corona, terutama varian Delta. "Ketiga itu menjadi pemikiran kita maka kita meneliti Sinovac (dosis pertama) Sinovac (dosis kedua) di-booster Sinovac, Sinovac Sinovac di-booster AstraZeneca, Sinovac Sinovac di-booster Pfizer, kemudian AstraZeneca di-booster oleh Pfizer atau vaksin yang sama," ucap dia. Sri mengatakan, hasil penelitian vaksin booster tersebut kemungkinan baru akan diketahui pada akhir tahun ini.

Perbedaan Vaksin Booster dan Vaksin Dosis Ketiga Ia mengatakan, saat ini, pemerintah harus fokus mengejar vaksinasi dosis kedua yang capaiannya masih di bawah target 70 persen. "Minimal 50 persen lah, tetapi lalau dihitung sehari 2 juta yang divaksinasi baru bisa sampai di Desember kita kejar," ucap dia. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. (RF/ika)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]