SMAN 4 Bengkalis Ikuti Lomba Sekolah Adwiyata Tingkat Provinsi


Sabtu,19 Maret 2016 - 18:16:24 WIB
SMAN 4 Bengkalis Ikuti Lomba Sekolah Adwiyata Tingkat Provinsi Taman SMAN 4 Bengkalis Indah tertata oleh Tim Sekolah Adiwiyata. (foto istimewa)

SMAN 4 Bengkalis yang akan mengikuti Lomba Sekolah Adwiyata Tingkat Provinsi Riau tahun 2016 terus berbenah diri baik dari segi dokumen maupun segi fisik sebelum tim penilai datang ke sekolah ini.

 

Keikutsertaan SMAN 4 Bengkalis dalam Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Riau ini berangkat dari prestasi lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015 juara III. “Dalam persiapan perlombaan ini, SMAN 4 Bengkalis membentuk Tim Adiwiyata yang terdiri dari Majelis guru dan siswa sekolah," ungkap Ketua Tim Adiwiyata Zulfahmi, Jum'at (18/03/2016).

 

Zulfahmi menjelaskan, SMAN 4 Bengkalis terus berupaya dan bekerja maksimal  untuk mencapai target yang diinginkan. “Sekarang sekolah kita masih melakukan kegiatan pembenahan. Diperkirakan proses penilaiannya akan dilaksanakan pada April 2016. Persiapan yang dilakukan terbagi dua, yakni persiapan dokumen dan persiapan fisik,” kata Zulfahmi.

 

Zulfahmi mencontohkan persiapan dokumen yang dimaksud, mulai dari Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP), dimana setiap mata pelajaran yang ada akan diintergarisakan dengan kegiatan lingkungan hidup dari segi pencegahan, pelestarian dan perlindungan.

 

“Misalnya ketika siswa belajar matematika, dalam pelajaran ini nantinya siswa akan diarahkan yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Begitu pula pelajaran lain seperti biologi, sejarah dan kewarganegaraan juga akan diintegrasikan dengan lingkungan hidup,” paparnya.

 

Selain kurikulum, tujuh kegiatan ekstrakulikuler sekolah yang dilaksanakan SMAN 4 Bengkalis, seperti marching band, english club, PIK-R, Usaha Kegiatan Sekolah (UKS), kepramukaan juga dihubung kaitkan dengan lingkungan hidup. Untuk persiapan fisik yang meliputi sarana prasarana sekolah dan kegiatan lingkungan hidup seperti daur ulang sampah.

 

“Pemanfaatan sampah bekas, hidroponik, pengomposan, green house, taman sekolah, hutan sekolah dan pohon pelindung. Saat ini semuanya telah kita persiapkan dan Alhamdulillah sudah mencapai 80 persen,” ujar Zulfahmi lagi.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]