Jokowi Dorong Kemitraan Asean dengan China Diperkuat, Ini Alasannya


Kamis,12 November 2020 - 16:19:07 WIB
Jokowi Dorong Kemitraan Asean dengan China Diperkuat, Ini Alasannya sumber foto kabar24.bisnis.com

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa China adalah mitra strategis bagi negara-negara Asean. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu itu merupakan rumah bagi sepertiga unicorn dunia.

Dilansir dari laman kabar24.binisn.com, Presiden berpandangan bahwa transformasi ekonomi dari konvensional menuju ekonomi berbasis digital merupakan hal krusial yang saat ini harus dilakukan. Oleh karena itu, kemitraan Asean dan China harus diperkuat untuk mendapatkan lebih banyak kemajuan.

"Tahun 2020 adalah tahun kerja sama ekonomi digital Asean-RRT. Sebagai pemimpin global ekonomi digital dan rumah bagi sepertiga unicorn dunia, antara lain Baidu, Alibaba, dan Tencent, RRT adalah mitra strategis bagi Asean," kata Presiden saat menyampaikan pidato pada KTT ke-23 Asean-China secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020).

Jokowi pun berharap Asean-China segera mereaktivasi kerja sama ekonomi antara lain melalui harmonisasi kebijakan, dan memastikan rantai pasok global dengan menghapus hambatan perdagangan.

Kepala Negara juga berharap bahwa pemulihan ekonomi dan kesehatan dapat berjalan secara beriringan. Kegiatan ekonomi harus dapat beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Adapun, Presiden Jokowi menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 Asean secara virtual. Pada KTT tahun ini, Vietnam menjadi tuan rumah. Rangkaian KTT Asean yang berjumlah 17 sesi pertemuan ini dihadiri oleh 10 kepala negara/pemerintahan ASEAN dan 8 kepala negara atau pemerintahan negara mitra Asean.

Pada hari ini, Presiden Joko Widodo akan mengikuti lima KTT melalui konferensi video, antara lain KTT Pleno ke-37 Asean, KTT ke-23 Asean dengan RRT, KTT ke-21 Asean dengan Korea Selatan, KTT ke-23 Asean dengan Jepang, serta KTT ke-17 Aseandengan India.

Turut hadir mendampingi Presiden saat menghadiri KTT ke-37 Asean secara virtual yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Tetap RI untuk Asean Ade Padmo Sarwono. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]