Indonesia Masuk 5 Besar Negara Vaksinasi Dosis Lengkap Tertinggi Dunia


Selasa,21 Desember 2021 - 15:52:16 WIB
Indonesia Masuk 5 Besar Negara Vaksinasi Dosis Lengkap Tertinggi Dunia sumber foto cnnindonesia.com

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap tertinggi di dunia. Menurut Johnny dengan jumlah penerima vaksin sebesar 106 juta orang, posisi Indonesia hanya berada di belakang negara berpenduduk besar, seperti China, India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. "Sejauh ini secara kuantitas, Indonesia berhasil menjadi satu dari lima negara dengan jumlah penerima vaksin Covid-19 dosis lengkap terbanyak di dunia," ujarnya, Senin (20/12). Johnny menuturkan, pemerintah akan terus menggenjot percepatan vaksinasi hingga mencapai 100 persen, khususnya kelompok rentan. Percepatan tersebut dilakukan dalam rangka menuju Indonesia bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19.

"Pencapaian vaksinasi di akhir tahun menguatkan semangat Indonesia untuk bangkit pada 2022," ujarnya. Dia memaparkan, khusus pada tenaga kesehatan saja, capaian vaksin hingga 16 Desember 2021 tercatat telah mencapai 132,76 persen. Hanya saja selain tenaga kesehatan dan petugas publik, capaian vaksinasi Indonesia untuk lansia maupun masyarakat umum dan rentan masih belum cukup tinggi.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah terus memfokuskan vaksinasi pada kelompok lansia dan kelompok rentan. Hal ini dilakukan demi terwujudnya capaian vaksin 100 persen. Johnny memaparkan, baru 38,1 persen dari target vaksinasi sebanyak 21,5 juta penerima vaksin di kelompok lansia yang telah menerima vaksin dosis lengkap secara nasional. Artinya, sekitar 6 dari 10 lansia di Indonesia masih belum menerima vaksin dosis lengkap.

"Secara umum, dari sebaran wilayah yang ada, masih banyak daerah yang masih memiliki capaian rendah untuk pelaksanaan vaksinasi lansia," katanya. Dia memberikan contoh, seperti Maluku, dari target 127.308 lansia yang akan divaksinasi, hanya 16,5 persen yang sudah menerima vaksin dosis lengkap. Sementara itu, di Lampung, vaksin dosis lengkap pada lansia baru diberikan pada 27,4 persen dari target 704.246 orang.

"Oleh karena itu, kamu mendorong agar pemerintah daerah untuk terus mempercepat capaian dan jangkauan vaksinasi agar masyarakat bisa terlindungi dan herd immunity segera terwujud," kata Johnny. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]