Menkominfo Beberkan Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Terhubung 5G di Indonesia


Jumat,31 Desember 2021 - 12:02:27 WIB
Menkominfo Beberkan Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Terhubung 5G di Indonesia sumber foto liputan6.com

Apple belum lama ini menghadirkan iPhone13 series di Indonesia. Setahun sebelumnya, iPhone 12 series juga sudah hadir di Tanah Air. Apple gembar gembor perangkatnya makin kencang karena bisa terhubung jaringan 5G. Sayangnya, ketika masuk ke Indonesia, kedua lini iPhone ini belum bisa terhubung dengan jaringan 5G yang telah digelar sejumlah operator seluler.

Dilansir dari laman liputan6.com. Apple belum lama ini menghadirkan iPhone13 series di Indonesia. Setahun sebelumnya, iPhone 12 series juga sudah hadir di Tanah Air.  Apple gembar gembor perangkatnya makin kencang karena bisa terhubung jaringan 5G.

Sayangnya, ketika masuk ke Indonesia, kedua lini iPhone ini belum bisa terhubung dengan jaringan 5G yang telah digelar sejumlah operator seluler. Menkominfo Johnny G. Plate pun mengungkap alasan perangkat Apple, dalam hal ini iPhone 12 series dan iPhone 13 series, belum bisa terlayani jaringan 5G di Indonesia.

Dalam webinar Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kemkominfo, Johnny mengatakan, memang belum semua perangkat handheld atau device mendukung 5G di Indonesia. Johnny juga menyebut belum semua vendor smartphone membuka software-nya untuk 5G di Indonesia.

"Baru beberapa yang sudah buka. Oppo kalau tidak salah sudah buka dan Samsung juga. Tapi teknologi seperti Apple belum dibuka," ujar Johnny. Johnny menjawab pertanyaan para pemilik iPhone 12 dan iPhone 13 yang belum bisa terhubung dengan 5GMenurutnya, hal ini karena masalah pita frekuensi yang digunakan Apple pada iPhone, untuk terhubung dengan 5G berbeda dengan pita frekuensi yang dipakai oleh operator Indonesia untuk menggelar 5G.

Apple Pakai Band 2,6 GHz dan 3,5 GHz untuk Terhubung 5G

"Apple belum buka karena Apple handset-nya bergerak di spektrum 2,6 GHz dan di Indonesia, 2,6 GHz belum ada layanan 5G. Sehingga walaupun Apple buka software, toh tidak ada layanannya. Jadi belum bisa (terhubung ke 5G)," kata Johnny, memberikan penjelasan.

Di Indonesia, ketiga operator seluler yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata menjalankan 5G di spektrum frekuensi 2,1 GHz, 2,3 GHz, dan 1,8 GHz. Dan spektrum tersebut juga digunakan untuk menjalankan jaringan 4G serta 5G. "5G yang ada adalah teknologi Asia, sedangkan teknologi 5G Amerika digelar di spektrum frekuensi 2,6 GHz dan 3,5 GHz. Itu saat ini belum (ada di Indonesia), sehingga kita butuh sekali untuk memastikan tersedianya frekuensi di semua level," kata Johnny. (RF)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]