Tips Mempersiapkan Anak sebelum Vaksinasi Covid-19


Jumat,14 Januari 2022 - 11:42:40 WIB
Tips Mempersiapkan Anak sebelum Vaksinasi Covid-19 Sumber foto tempo.co

Pakar Virologi dan Imunologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Mohammad Saifudin Hakim, mengatakan anak perlu diberi pengertian untuk menjaga kesehatan secara umum sebelum melakukan vaksinisasi Covid-19. Misalnya cukup istirahat sebelum pemberian vaksin, menjaga pola makan, dan tidak melakukan aktivitas berat seperti bermain berlebihan.

Dilansir dari laman tempo.co. "Hal-hal tersebut harus dijaga supaya kondisi badan tetap sehat dan bugar saat pemberian vaksinasi," kata dia seperti dikutip dari laman ugm.ac.id, Jum'at, 7 Januari 2022.

Selain itu, Hakim mengimbau orangtua untuk menginformasikan secara jelas kepada petugas kesehatan terkait kondisi kesehatan anak. Seperti terkait riwayat alergi, riwayat pengobatan sebelumnya dan lainnya.

Hakim menyampaikan efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) secara umum ada yang sifatnya lokal seperti nyeri atau bengkak di tempat suntikan.

Selain itu, juga ada yang bersifat sistemik seperti demam. Kondisi demam merupakan bentuk respons tubuh dalam membentuk antibodi. Terkait kasus meninggalnya dua anak di Bone dan Jombang setelah vaksin, Hakim mengatakan Komnas KIPI telah melakukan investigasi bahwa kedua kasus itu tidak disebabkan oleh vaksin Covid-19.

"KIPI adalah semua kejadian yang timbul setelah vaksin, tetapi belum tentu disebabkan oleh vaksin," ujarnya. Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak takut untuk memberikan vaksin Covid-19 pada anak. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]