Mau Sehat Secara Finansial? Simak 5 Cara Jitu dari DANA Finteach!


Senin,10 Oktober 2022 - 11:54:26 WIB
Mau Sehat Secara Finansial? Simak 5 Cara Jitu dari DANA Finteach! sumber foto liputan6.com

Generasi muda, terutama milenial dan Gen Z semakin hari semakin jauh dari yang namanya sehat secara finansial. Berdasarkan survei, sebanyak 85% generasi muda Indonesia terjebak dalam kondisi tersebut. Itu berarti, mereka belum mampu mengelola keuangan dengan baik dan kerap terjebak dalam situasi lebih besar pasak daripada tiang. Generasi milenial dan Gen Z perlu memahami bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Salah satunya bisa melalui platform edukasi finansial seperti DANA Finteach. DANA Finteach adalah sebuah platform yang menyediakan edukasi terkait finansial, investasi serta self-growth di Instagram, yang pastinya bisa membantu para user DANA untuk mencapai kebebasan finansial. Sebagai info, Finteach sendiri merupakan sebuah singkatan dari Financial Teach, cocok dengan fungsi DANA Finteach yang mengajarkan kiat-kiat seputar finansial kepada pengguna. Dengan edukasi dan literasi finansial yang ditawarkan DANA Finteach, bisa membantu generasi milenial dan Gen Z terhindar dari berbagai masalah keuangan yang menyandera mereka.

Berikut beberapa tips di DANA Finteach, yang bisa diterapkan agar bisa sehat secara finansial!

1. Menabung

Untuk mempersiapkan secara matang segala hal di hari esok, menabung menjadi kegiatan yang teramat penting untuk dilakukan. Apalagi untuk generasi milenial dan Gen Z yang kerap kali disebut sebagai generasi banyak biaya, entah hanya untuk ngopi bareng teman atau berpergian ke luar kota. Menabung memiliki beberapa manfaat yang bisa menguntungkan kita. Mulai dari memiliki simpanan dana darurat, persiapan dana setelah pensiun, persiapan keuangan ketika kehilangan pekerjaan, investasi jangka panjang, dan menjauhkan diri dari yang namanya utang.

2. Catat Pengeluaran

Langkah kedua yang kamu lakukan ketika ingin bebas dari masalah keuangan adalah mencatat segala pengeluaran yang terjadi. Kamu harus lakukan pencatatan dengan cermat agar tidak kaget dan bisa memperhitungkan tagihan yang akan muncul di akhir bulan. Ada beberapa manfaat ketika kamu sudah mencatat pengeluaran yang bikin kamu bebas dari masalah keuangan. Mulai dari mencegah kebocoran cash flow, membentuk kebiasaan hemat dalam belanja, menjadi semakin bijak dalam mengeluarkan uang, bisa melakukan identifikasi masalah keuangan, dan jauh dari rasa was-was perihal keuangan.

3. Sisihkan Dana Darurat

Ketika kamu ingin bebas dari masalah keuangan, dana darurat tidak boleh terlupakan. Dana darurat sangat penting untuk menjaga kita dari kesulitan keuangan di akhir bulan atau ketika sakit mendera. Ya, karena kita tidak tahu apa yang terjadi hari esok, dana darurat ini penting lho! Ketika tiba-tiba terjadi pemberhentian kerja, kamu tidak akan merasa kebingungan. Atau ketika kamu tidak memiliki uang, dana darurat bisa menyelamatkanmu dari kebiasaan utang.

4. Atur Budgeting

Atur budgeting sangat penting ketika ingin bebas dari masalah keuangan. Budgeting yang rapi akan menentukan cash flow kamu setiap bulannya. Selain itu, dengan mengatur budgeting, kamu bisa menentukan skala prioritas untuk hidupmu. Budgeting yang baik dan cermat juga bisa menjauhkan kamu dari rasa impulsif untuk belanja, jalan-jalan, atau membeli sesuatu yang kurang berharga lainnya. Pada intinya, ini merupakan langkah yang wajib dilakukan ya!

5. Mulai Berinvestasi

Dilansir dari laman liputan6.com. Last but not least, kamu bisa melakukan investasi ya! Dengan berinvestasi, kamu bisa meningkatkan aset dan kekayaan. Ketika aset sudah bertambah, itu berarti kekayaanmu juga akan bertambah di hari esok untuk terbebas dari masalah keuangan. Investasi juga bisa membantu kamu dalam mencapai kebebasan finansial dan bebas dari rasa cemas finansial lho! Apalagi, jika kamu berinvestasi secara massif sejak dini, potensi untuk masa depan kamu lebih cemerlang, jauh lebih besar! Nah, mau langkah-langkah tersebut semakin maksimal? Kamu bisa manfaatkan

DANA Finteach ya! Selain memberikan edukasi finansial, DANA Finteach ke depannya juga akan menciptakan ruang edukasi online kepada user DANA, terutama untuk sharing finansial mereka, serta belajar bersama dengan menghadirkan pakar finansial terkemuka di Indonesia. Tak hanya itu, DANA Finteach juga menawarkan berbagai info tentang produk finansial DANA yang dipadukan dengan edukatif dan relateable yang dibutuhkan oleh para pengguna. Untuk mendapatkan literasi keuangan lebih banyak, lengkap, dan terus berkembang, (iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]