Mau Wajah Bersih dan Bebas Jerawat? Perhatikan 7 Makanan Ini


Kamis,03 Maret 2016 - 10:39:29 WIB
Mau Wajah Bersih dan Bebas Jerawat? Perhatikan 7 Makanan Ini (foto: int)

Merawat kecantikan kulit tidak cukup hanya dengan pemakaian produk seperti serum, pelembap atau losion. Makanan yang Anda asup juga berperan penting menjaga kesehatan kulit, terutama agar terhindar dari jerawat.

Pakar diet dan nutrisi Elisa Zied, memaparkan tujuh makanan yang bisa membantu kulit lebih segar berkilau serta bebas jerawat. Ini daftarnya yang perlu Anda masukkan dalam daftar menu harian, seperti dikutip dari Women's Health yang dilansir detik.com.

1. Minyak Ikan

Makan ikan yang mengandung lemak sehat seperti salmon, mackerel dan tuna bisa membantu kulit tetap lembap dari dalam tanpa membuatnya terlalu berminyak. Jenis ikan-ikanan tersebut kaya akan asam lemak yang memetabolisme asam amino (sejenis protein) yang baik bagi kesehatan kulit. Selain itu minyak ikan juga mengandung biotin yang mencegah kekeringan dan kulit pecah-pecah.

2. Chia Seed

Jenis biji-bijian yang cukup populer di kalangan para pediet ini juga mengandung asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu mengatur kestabilan sel-sel membran, melindungi kulit dan menjaga kelembapannya. Kulit yang lembap akan terhindar dari jerawat, karena tubuh tak perlu memproduksi minyak secara berlebihan.

3. Ubi

Ubi mengandung banyak air yang menjaga kulit dan sel-sel lainnya agar tidak kekurangan cairan. Selain itu ubi berwarna oranye atau kuning juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang apabila dikonsumsi secara rutin, akan memberikan rona kulit wajah kekuningan atau kemerahan yang sehat.

4. Almond

Kaya akan vitamin E, almond juga ampuh merawat kesehatan kulit. Selain itu vitamin E juga meningkatkan kekuatan kulit dalam menghadapi kerusakan akibat radikal bebas maupun sinar matahari.

5. Biji Bunga Matahari

Suka ngemil kwaci? Maka jangan hentikan kebiasaan itu. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang mencegah kulit dari kerusakan, akibat lingkungan yang kotor.

6. Karbohidrat Kompleks

Nasi merah, gandum utuh dan biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna tubuh dan rendah kadar gulanya. Makanan rendah gula baik untuk kulit dan bisa mencegah jerawat. Perlu diketahui, karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie dan roti putih bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang membuat kulit rentan berjerawat dan kusam.

7. Jus Jeruk

Jus jeruk murni tanpa tambahan gula kaya akan vitamin C, sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen, protein di dalam tubuh yang berperan penting menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Selain jeruk, vitamin C juga terkandung dalam jambu, pepaya dan brokoli.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]