Intip, Tips Mengatur Arus Kas Bisnis yang Baik


Rabu,03 Agustus 2022 - 16:45:54 WIB
Intip, Tips Mengatur Arus Kas Bisnis yang Baik sumber foto merdeka.com

Manajemen keuangan mutlak harus ada dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kepiawaian mengatur dan mengelola keuangan bisa membuat kita terhindar dari ketidakstabilan finansial. Apalagi ketika kita memiliki usaha atau bisnis yang membutuhkan manajemen keuangan yang baik.

Dilansir dari laman merdeka.com. Tentu mengatur dan mengelola keuangan susah-susah gampang. Bukan hanya bisnis atau usaha besar saja yang membutuhkan manajemen keuangan. Bisnis kecil sekalipun juga membutuhkan manajemen keuangan supaya bisa terarah dengan baik. Dengan adanya pengaturan dan pengelolaan keuangan dengan baik maka bisnis yang akan dijalani pun bisa memberikan kinerja dan hasil yang baik pula.

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Cash Flow atau arus kas. Cash flow ini juga sangat berguna ketika kita menjalani bisnis seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Cash flow adalah arus kas keluar masuk yang digunakan dan diterima dari bisnis yang dijalani.

Apabila kita tidak menggunakan sistem arus kas tersebut, maka diibaratkan seperti menggerakan perahu tanpa menggunakan dayung. Tidak akan bergerak kemana-mana hanya ada di satu tempat saja. Oleh karena itu arus kas dalam menjalani bisnis pun diperlukan. Untuk mengetahui bagaimana mengatur cash flow UMKM, yuk simak penjelasannya lebih lanjut seperti dikutip dari modalrakyat.id.

Membuat Perencanaan Keuangan

Sebelum memulai bisnis, tentu yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat perencanaan keuangan yang sangat matang dengan menyusun cash flow. Tujuannya adalah supaya keuangan yang dikeluarkan akan berjalan dengan lancar dari sisi pengeluaran dan pemasukan. Sehingga bisnis UMKM yang kita akan jalani cepat berkembang pesat. Jangan lupa ketika ingin menjalani bisnis yang harus diingat adalah adanya modal yang memadai. Modal tersebut bisa kita dapatkan dari tabungan pribadi, ataupun dari bank. Setelah modal tersediakan maka kita bisa menjalani bisnis yang kita mau.

Memastikan Pengeluaran Lebih Kecil dari Pemasukan

Ketika memiliki bisnis yang berjalan dengan pesat tentu penghasilannya pun sangat menggiurkan bukan? Akan tetapi hal yang harus kita lakukan untuk bisa mengatur keuangan dengan baik adalah meminimalisir pengeluaran yang kurang bermanfaat dibandingkan dengan pemasukannya. Belilah barang atau kebutuhan yang memang dibutuhkan pada bisnis kita, jangan sampai pengeluaran itu tidak terkendalikan dan malah membuat bisnis hancur atau bangkrut.

Makanya diperlukan catatan penting untuk mengatur pengeluaran. Mencatat barang-barang yang sekiranya perlu untuk diganti juga bisa dipilih kembali, apakah memang barang tersebut perlu diganti yang baru atau memang masih bisa untuk diperbaiki. Dengan memilah mana yang harus dibeli membuat kondisi cash flow kita akan aman dan terkendali.

Prioritaskan Pembayaran Tunai

Nah ini perlu diingat kawan, pembayaran awal atau cash juga menjadi salah satu pemicu kestabilan dalam arus kas/cash flow kita lho. Cobalah untuk terbiasa membayar lebih awal dibandingkan dengan pembayaran cicilan atau waktu tertentu.

Mengalokasikan Keuntungan

Ketika modal sudah dikeluarkan, pastinya yang kita harapkan adalah menjalankan bisnis dengan mendapatkan keuntungan yang sangat besar bukan? Tentu dari penghasilan yang kita dapatkan tidak 100 persen itu semua adalah penghasilannya.

Tetapi ada beberapa yang harus kita sisihkan, seperti untuk investasi atau tabungan, uang darurat hingga kebutuhan biaya operasional. Sisa dari semua yang sudah dibagikan itu dialihkan kembali kepada perputaran bisnis kita.

Buatlah Rekening Pribadi dan Bisnis

Jangan sampai kita menggabungkan uang pribadi bersamaan dengan uang bisnis yang kita jalani. Hal ini supaya meminimalisir supaya tidak tercampur.

Buatlah Rekening Pribadi dan Bisnis

Jangan sampai kita menggabungkan uang pribadi bersamaan dengan uang bisnis yang kita jalani. Hal ini supaya meminimalisir supaya tidak tercampur. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]