Pengelola Bandara SSK II Pekanbaru Siap Buka Penerbangan Internasional


Jumat,08 April 2022 - 08:44:20 WIB
Pengelola Bandara SSK II Pekanbaru Siap Buka Penerbangan Internasional sumber foto kompas.com

Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau mengaku siap untuk membuka kembali penerbangan internasional. Rencana dibukanya penerbangan internasional ini seiring menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air dan Gubernur Riau juga sudah menyurati menhub.

Dilansir dari laman kompas.com. "Kami selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru, tentunya siap apabila nanti penerbangan internasional sudah diizinkan untuk dibuka kembali," kata Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Mohammad Hendra Irawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (8/4/2022). Hendra mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, penerbangan Internasional di Bandara SSK II Pekanbaru ditutup.

Oleh karena itu, kata Hendra, memang perlu dilakukan penyesuaian kesiapan di bandara untuk kembali melayani penerbangan internasional. Hendra mengatakan bahwa pihaknya mengaku pada Maret 2022 sempat terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 30 persen dari hari biasanya. Sementara di awal Ramadhan ini terjadi penurunan jumlah penumpang, seperti tahun-tahun sebelumnya. "Tapi secara umum memang masih normal, aman, dan terkendali," kata Hendra.

Gubernur Riau surati menhub

Berkaitan dengan rencana ini, Gubernur Riau Syamsuar juga sudah melayangkan surat permohonan izin ke Kementerian Perhubungan untuk membuka penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru, khususnya ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto kepada wartawan, Senin (4/4/2022) lalu.

"Pak Gubernur sudah berikirim surat, meminta kepada Pak Menteri Perhubungan agar Airport Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru bisa dioperasikan kembali untuk penerbangan luar negeri (internasional)," kata Hariyanto. Hariyanto mengatakan, surat tersebut sudah dikirimkan oleh Gubernur dan diharapkan mendapat persetujuan dari Menhub terkait usulan itu.  
"Artinya penerbangan luar negeri kita minta dibuka, dan sudah dilayangkan oleh pak Gubernur.

Jadi nanti akses keluar negeri seperti ke Malaysia dan Singapura bisa segera dibuka dengan adanya surat tadi. Mudah-mudahan bisa segera beroperasi," kata Hariyanto. Dengan dibukanya penerbangan internasional di Bandar SSK II Pekanbaru, Hariyanto berharap ke depan akan banyak wisatawan manca negara yang datang ke Riau. "Kalau wisatawan banyak datang, tentu ini kita harapkan perekonomian masyarakat akan bergerak, dan para pelaku UMKM juga akan terbantu," ujarnya. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]