Kebiasaan Ini Bisa Merusak Postur Tulang dan Bikin Bungkuk


Sabtu,23 April 2016 - 15:41:10 WIB
Kebiasaan Ini Bisa Merusak Postur Tulang dan Bikin Bungkuk

Melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, tanpa disadari seringkali tidak memerhatikan postur tubuh. Akibatnya, risiko postur tulang belakang menjadi rusak dan tubuh bungkuk pun mengancam.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui secara pasti kebiasaan apa saja yang dapat merusak postur tulang belakang tersebut. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dirangkum detikHealth pada Jumat (22/4/2016):

1. Terlalu banyak pakai gadget
Dalam menggunakan gadget, tanpa disadari orang sering menunduk dan bahkan duduk sambil bungkuk. Dalam jangka waktu lama, kondisi ini bisa merusak postur tulang belakang. Sebab posisi yang keliru seperti ini meningkatkan ketegangan pada otot-otot leher, sehingga perubahan postur dan rasa nyeri bisa menjalar ke bagian punggung dan bahu.

2. Stres
Siapa bilang stres 'hanya' memengaruhi psikis seseorang? Kondisi ini juga bisa merusak postur tubuh. Saat sedang lemas dan stres, orang cenderung terbiasa duduk membungkuk, padahal posisi ini dapat meningkatkan ketegangan di sekitar leher dan bahu, bahkan juga memengaruhi sistem pernapasan. 

3. Memakai sepatu hak tinggi
Memakai sepatu hak tinggi dalam membuat tubuh tampak lebih jenjang. Namun jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini dapat memengaruhi postur tubuh Anda, terutama di bagian punggung dan struktur pergelangan kaki. Hal ini juga dapat membuat Anda menjadi lebih rentan terhadap cedera pergelangan kaki.

4. Duduk terlalu lama
Kebiasaan ini selain meningkatkan risiko diabetes juga dapat mengakibatkan perubahan pada jaringan lunak kaki dan pinggul. Kondisinya lebih berbahaya lagi jika posisi komputer Anda tidak cukup tinggi sehingga sepanjang hari Anda terpaksa harus duduk dengan posisi membungkuk.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]