4 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Memasuki Masa Menstruasi


Kamis,02 Juni 2022 - 16:49:18 WIB
4 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Memasuki Masa Menstruasi sumber foto suara.com

Sangat umum bagi perempuan untuk mengalamj mual, muntah, sakit kepala, sakit punggung, diare, kram parah dan mood yang naik turun selama periode menstruasi. 

Dilansir dari laman suara.com. Maka dari itu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan perempuan saat menstruasi. Apa saja? Berikut seperti yang telah Suara.com rangkum dari MirrorOnline.

1. Jangan Konsumsi Makanan (Enak) Ini

Ketika mood sedang tak pasti dan satu slice kue sepertinya bisa membuat suasana hati lebih baik, terdengar seperti alternatif memperbaiki suasana hati. Namun ternyata, kue dan makanan sarat kalori masuk daftar hitam menu yang dilarang dikonsumsi saat menstruasi.

Dr. Angela Jones mengatakan, kenyamanan dalam mengonsumsi makanan asin dapat membuat kram semakin buruk serta berkontribusi pada retensi kembung/air yang perempuan rasakan ketika menstruasi. Susu juga dianggap tak memberikan efek lebih baik. "Pernah melihat berapa banyak gas saat memasuki periode haid? Sebagian besar merupakan hormonal. Konsumsi susu seperti menambahkan garam ke atas luka," ungkap Dr. Jones.

2. Jangan Lakukan Seks Tanpa Pengaman

Kecuali tentu saja, jika Kamu sedang ingin hamil. Karena merupakan mitos lama bahwa perempuan tidak dapat hamil ketika berhubungan seks saat masa periode.

Selain faktor tersebut, faktor lain adalah karena leher rahim perempuan sebagian terbuka selama periode haid. Virus, infeksi dan bakteri lain akan masuk tidak hanya melalui vagina, tetapi juga terus menuju leher rahim dan panggul.

3. Jangan Konsumsi Kopi dan Merokok

Kopi ternyata dapat membatasi pembuluh darah dalam tubuh yang bisa membuat kram semakin parah. Selain kopi, menurut sebuah studi yang dikeluarkan pada 2014 dari University of Queensland, merokok dapat membuat perempuan yang sedang haid merasakan sakit yang berlarut-larut.

4. Jangan Melakukan Waxing

Saat memasuki masa menstruasi, kulit akan lebih peka sehingga akan terasa jauh lebih sakit saat melakukan waxing. Perubahan kadar hormon yang terjadi saat menstruasi juga akan membuat pemeriksaan payudara atau mammogram jadi tidak akurat. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]