May Day di Riau Damai

Jokowi Harap Buruh Indonesia Harus Kompetitif dan Sejahtera


Minggu,01 Mei 2016 - 19:19:59 WIB
Jokowi Harap Buruh Indonesia Harus Kompetitif dan Sejahtera Aksi peringatan May Day, 1 Mei 2016 di Jakarta. (foto: detik.com)

Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati setiap 1 Mei, Presiden RI, Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap peringatan May Day.

"Buruh Indonesia harus kompetitif dan hidup sejahtera. Selamat hari buruh internasional," tulis Jokowi dalam akun @Jokowi, Minggu (1/5/2016). Peringatan Hari Buruh tahun ini pun diisi oleh berbagai kegiatan, tak sekadar demonstrasi. Mulai dari jalan sehat hingga berdiskusi bersama.

Di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama para buruh mengikuti jalan sehat. Saat melepas para buruh, Sultan juga mengingatkan akan era persaingan. "Tahun ini kita sudah jadi bagian dari MEA. Tahun 2020 nanti total secara global akan terjadi dalam kehidupan kita. Di mana aspek daya saing baik kualitas produk maupun SDM menjadi tantangan bersama. Tidak ada pilihan, mau tidak mau kita harus hadapi kompetisi antar bangsa," kata Sultan di Balai Kota Yogyakarta.

Kemudian di Bandung, Menaker Hanif Dhakiri bersama Wali Kota Ridwan Kamil meluncurkan bus gratis untuk para buruh. Buh tersebut bercat kuning-biru yang dikhususkan bagi kaum pekerja. "Program inisiatif Pemkot Bandung ini sangat baik. Ya salah satunya program transportasi bagi buruh," ucap Hanif saat memberikan sambutan peringatan May Day di Padepokan Seni Mayang Sunda, Jalan Peta, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pemkot Bandung berharap para buruh dapat menghemat ongkos transportasi dengan adanya bus ini. "Saat ini kami cicil empat bus. Silakan teman-teman buruh bisa menggunakan untuk mengurangi pengeluaran transportasi. Tentunya, bus gratis ini dapat menghemat biaya bulanan transportasi," kata Emil, sapaan Ridwan.

Lalu di Purwakarta, Bupati Dedi Mulyadi mengajak para buruh berdiskusi bersama. Suasana santai dalam diskusi itu dilengkapi dengan sarapan bersama di rumah dinas Bupati Dedi. "Saya sendiri masih merasa sedih karena ada ketimpangan upah seperti buruh rumah tangga, atau buruh serabutan lainnya. Seharunya mereka juga harus terperhatikan oleh kita," tutur Dedi.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Ketua FSPMI Kabupaten Purwakarta Fuad BM dan Ketua SPSI Kabupaten Purwakarta Agus Gunawan. Mulai dari isu upah hingga Pengadilan Hubungan Industrial dibahas. Sementara itu di DKI Jakarta, massa buruh sudah mulai merapat ke Gelora Bung Karno. Massa buruh menuntut berbagai hal termasuk penolakan PP No 78 Tahun 2015. 

Peringatan May Day di Riau Damai

Peringatan May Day di Riau secara keseluruhan tidak ada melakukan aksi demo. Umumnya para buruh melakukan panggung hiburan rakyat dan jalan santai.

Di Pekanbaru, peringatan hari buruh dimeriahkan dengan gerakan jalan santai di kawasan Jl Gajah Mada dan Jl Diponegoro. Sekitar 300 massa buruh menyalurkan hari May Day dengan  jalan santai.

"Walau demikian, petugas gabungan tentunya sudah kita persiapkan sekitar 900 personel dari Polda, Polresta dan instansi terkait lainnya. Tapi tidak ada aksi demo, yang ada para buruh melaksanakan jalan santai," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada detikcom, Minggu (1/5/2016) seperti dilansir detik.com.

Selain di Pekanbaru, hari buruh juga diperingati di Kota Dumai, terpaut 200 km arah utara dari Pekanbaru. Massa buruh lebih dari 500 orang juga tidak menggelar aksi demo. "Di Dumai massa buruh melaksanakan panggung hiburan rakyat," kata Guntur.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Siak. Di sana ratusan buruh juga menggelar panggung hiburan serta menanam pohon. "Secara keseluruhan peringatan hari buruh di Riau berjalan dengan tertib dan aman,"

Guntur menyebutkan, pihaknya berterimah kasih atas koordinasi dengan pihak koordinator buruh yang ada. Lewat kerjasama dengan organisasi buruh, peringatan May Day berjalan lancar dan aman. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh buruh terutama pada koordinatornya yang sudah bekerjasama dengan baik kepada petugas. Kami apresiasi seluruh kegiatan buruh di hari May Day ini berjalan dengan tertip," kata Guntur.

"Walau begitu, pemantauan di lapangan di seluruh wilayah di Riau tetap berjalan. Ini guna mengantisipasi hal-hal yang tentunya tidak kita inginkan," tutup Guntur.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]