Tips Aman Memasak Sisa Daging Kurban di Tengah Wabah PMK


Selasa,12 Juli 2022 - 16:32:48 WIB
Tips Aman Memasak Sisa Daging Kurban di Tengah Wabah PMK sumber foto cnnindonesia.com

Daging kurban, terutama kambing, identik dengan sate. Selain enak, memasak sate kambing juga dianggap mudah dan disukai hampir semua orang. Bagaimana cara memasak sate kambing di tengah gempuran penyakit kuku dan mulut (PMK)? Berikut tips aman membuat sate saat kurban di tengah wabah PMK yang masih menyerang.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Untuk diketahui, PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, babi, domba, dan kambing.

Tips Aman Memasak Sate 

Walau demikian, Kementerian Pertanian menyebut PMK pada hewan tidak membahayakan kesehatan manusia. Bahkan daging dan susu hewan-hewan tersebut tetap aman dikonsumsi selama dimasak dengan benar. Berikut tips memasak sate dari daging kurban saat wabah PMK.

1. Hindari tiga bagian daging

Meskipun daging dari hewan PMK disebut aman dikonsumsi, sebaiknya Anda tetap menghindari tiga bagian ini. Yakni jeroan, kepala, dan kaki. Apalagi jika berniat membuat sate, buang jeroan dari daging tersebut.

2. Rebus dahulu

Dokter hewan dari Kementerian Pertanian Nuryani Zainuddin mengatakan agar sebaiknya daging direbus terlebih dahulu. Daging jangan dicuci, tapi langsung direbus di air mendidih selama 30 menit. "Baru dipotong-potong untuk dibakar jadi sate," kata Nuryani.

3. Cuci bersih

Setelah direbus, cuci daging kurban yang Anda terima hingga bersih di air mengalir. Jangan memasak daging tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

4. Masak hingga matang

Sate identik dengan daging bakar yang tidak terlalu matang. Tapi, lebih baik memasak daging tersebut dengan matang agar bakteri dan virus bisa mati. Mengutip berbagai sumber, daging yang sudah matang akan terasa lebih keras. Untuk daging kambing, Anda bisa mengeceknya dengan cara menusuknya dengan garpu. Pastikan daging mudah saat ditusuk. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]