Ini Dia! Wujud Asli dan Spesifikasi Hyundai Stargazer, Calon Mobil Sejuta Umat?


Jumat,15 Juli 2022 - 17:21:54 WIB
Ini Dia! Wujud Asli dan Spesifikasi Hyundai Stargazer, Calon Mobil Sejuta Umat? sumber foto oto.detik.com

Hyundai Stargazer akhirnya muncul secara lengkap di Indonesia. Meski belum resmi dirilis, tapi PT Hyundai Motors Indonesia sudah mengumbar wujud asli Stargazer, spesifikasi mesin, dan harga. Wujud Hyundai Stargazer sejatinya sudah dipamerkan Hyundai sejak beberapa pekan lalu. Namun pabrikan asal Korea Selatan itu hanya merilis potongan-potongan gambar dalam balutan siluet hitam, sehingga tak tampak jelas.

Dilansir dari laman oto.detik.com. Setelah ditampilkan secara penuh dan jelas, terlihat Hyundai Stargazer punya desain futuristis. Penantang Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander hingga Suzuki Ertiga ini punya pembeda dari yang lain. Hyundai menawarkan Stargazer dalam empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Banderolan harganya dijual dari Rp 244,3 juta hingga Rp 307,1 juta (On The Road Jakarta). Bagian ikonik yang terlihat adalah Horizontal DRL dan Distinctive H Rear Lamp yang melengkapi tampilan depan dan belakang kendaraan. 

Fasia berupa Horizontal DRL pada bagian depan terlihat unik, mirip dengan kepunyaan Staria. Hyundai menyebut bahasa desain itu mencerminkan Indonesia sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa. Buritan belakang yang mengusung Distinctive H Rear Lamp disebut melambangkan keseimbangan, kesatuan, dan keharmonisan yang menghubungkan Indonesia dari bagian Timur hingga ke Barat. 

Hal menarik lainnya ialah desain velg Stargzer berbentuk atraktif seperti kipas dengan jumlah baut lima buah. Warna velg itu juga dilabur dengan kelir dual tone. Ukuran velg Hyundai Stargazer menggunakan ring 15 inch untuk varian Active, sementara trim Trend, Style, dan Prime menggunakan ring 16 inch. Masuk ke dalam interior, Hyundai menawarkan opsi captain seat. Perlu diketahui konsumen perlu membayar biaya tambahan senilai Rp 1 juta untuk pilihan Captain Seat yang tersedia pada varian Trend, Style, dan Prime.

Informasi mengemudi makin jelas dengan adanya layar 4.2 inch TFT Color LCD Cluster. Sementara dari segi hiburan, Hyundai membenamkan layar 8 inch Audio dengan konektivitas smartphone. Secara dimensi, Hyundai Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheel base 2.780 mm. Lebih sedikit bongsor jika dibandingkan kompetitor, misalnya Avanza. Sebagai pembanding, Dimensi All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Dari sisi fitur keselamatan, Stargazer dilengkapi dengan Hyundai SmartSense. Fitur ini bukanlah baru, sebelumnya sudah disematkan pada Hyundai Creta.

Hyundai SmartSense Terdiri dari:

Forward Collision-avoidance Assist
Lane Keeping Assist
Blind-spot Collision-avoidance Assist
Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist
Hyundai Stargazer juga punya fitur inovatif melalui Hyundai Bluelink, yang bisa mengetahui kondisi terkini kendaraan, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, juga untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Teknologi ini juga akan menyediakan keamanan dan kenyamanan, pelanggan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Immobilization, ACN (Auto Collision Notification), SOS/Emergency Assistance, Roadside Assistance (RSA) serta fitur keamanan lainnya.

Melengok sektor dapur pacu, Hyundai Stargazer menggunakan mesin 4 silinder, 16 katup, 1.497 cc bensin yang sanggup memuntahkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dan torsi 14,7 kgm (144,1 Nm) di 4.500 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan transmisi otomatis IVT (Intelligent Variable Transmision), sama dengan Hyundai Creta. Informasi spesifikasi lainnya belum terungkap. Namun bicara soal harga, Hyundai Stargazer sudah bisa dipesan melalui dealer terdekat atau situs resmi HMID di https://www.hyundai.com/id/id.

Berikut harga resmi Hyundai Stargazer (OTR Jakarta):

  • STARGAZER Active MT: Rp 243,300,000,-
  • STARGAZER Active IVT: Rp 255,900,000,-
  • STARGAZER Trend MT: Rp 263,300,000,-
  • STARGAZER Trend IVT: Rp 275,900,000,-
  • STARGAZER Style: Rp 296,300,000,-
  • STARGAZER Prime: Rp 307,100,000,-
  • Stargazer juga tersedia dengan pilihan Two-Tone Color dengan tambahan biaya senilai Rp 1.500.000 yang tersedia hanya untuk varian Prime.

(RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]