Hindari 7 Hal Ini Agar Tidak Membuang-buang Uang


Jumat,22 Juli 2022 - 12:23:55 WIB
Hindari 7 Hal Ini Agar Tidak Membuang-buang Uang sumber foto liputan6.com

Adanya inflasi yang mendorong hampir semua harga kebutuhan naik menyebabkan setiap orang harus bisa berhemat. Bahkan juga harus bisa memangkas segala keperluan yang tidak penting. Jadi, coba perhatikan kembali hal-hal yang mungkin sudah tidak dibutuhkan agar bisa menghemat uang. Di samping itu, sebaiknya setiap orang juga perlu mengecek pengeluaran per bulannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pengeluaran yang masih dibutuhkan dan tidak.

Dilansir dari laman liputan6.com. Nantinya uang dari pengeluaran yang sudah tidak dibutuhkan tersebut bisa dialihkan untuk ditabung. Jangan sampai Anda justru membuang-buang uang demi keperluan yang belum tentu penting. Lantas, apa saja kira-kira pengeluaran yang kemungkinan bisa dipangkas agar tidak buang-buang uang?

Berikut ini tips keuangan di mana, ada tujuh hal yang perlu Anda cek sebagai salah satu cara untuk memangkas biaya pengeluaran sehingga bsia berhemat seperti dilansir dari CNBC, Jumat (22/7/2022).

1. Biaya bank

Baik Anda membayar biaya untuk menarik uang dari ATM di luar jaringan atau membayar biaya layanan bulanan hanya karena memiliki rekening giro, biaya kecil dapat menambah sejumlah besar uang yang terbuang dari waktu ke waktu.

Sebagai ganti dan solusinya, coba ganti rekening bank yang jika perlu tidak ada biaya bank dalam tiap transaksinya. Hampir setengah dari rekening giro tidak memiliki biaya pemeliharaan bulanan sama sekali, menurut Bankrate. Jika Anda tidak dapat menghindarinya dengan bank yang sedang dimiliki saat ini, kemungkinan lebih besar daripada bunga yang Anda bayarkan pada akun itu.

2. Tergoda diskon padahal barang tersebut tidak diperlukan

Tidak dapat disangkal, ada sensasi tersendiri yang Anda dapatkan saat membeli barang dengan harga kurang dari harga biasanya alias harga diskon. Akan tetapi, membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan hanya karena sedang obral dapat dengan cepat menyebabkan pengeluaran yang berlebihan. Karena itu, sebagai solusi, lain kali jika Anda tergoda untuk membeli sesuatu yang sedang diskon, tunggu 24 jam sebelum melakukan pembelian. Seringkali kegembiraan awal mendapatkan kesepakatan akan hilang,dan Anda akan dapat meninggalkan transaksi.

3. Langganan yang tidak digunakan

Sebuah studi Chase tahun lalu menemukan lebih dari 70 persen konsumen menghabiskan lebih dari USD 50 per bulan untuk pembayaran berulang.

Bayaran tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak mereka butuhkan atau inginkan. Salah satu penyebab hal ini, kata Julie Ramhold sebagai Analis Konsumen DealNews, adalah seseorang sering mendaftarkan diri untuk uji coba gratis dan kemudian gagal membatalkannya saat masa uji coba berakhir.

"Hal-hal ini dimasukkan ke dalam pembayaran otomatis, dan kemudian orang-orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka membayar untuk sesuatu yang bahkan tidak mereka gunakan," tambah Ramhold. "Itu cara mudah untuk membuang uang ke luar jendela." Itu berarti, Anda harus menghindari pemborosan untuk memangkas biaya langganan yang sudah tidak digunakan.

Bahkan jika Anda memiliki kartu kredit yang disetel untuk pembayaran otomatis yang merupakan cara cerdas untuk menghindari biaya keterlambatan pembayaran, hati-hati memeriksa laporan Anda setiap bulan dan batalkan biaya apa pun untuk barang atau layanan yang tidak Anda gunakan.

4. Limbah makanan

Hingga 40 persen makanan di Amerika Serikat tidak pernah dimakan, menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam. Meskipun jumlah makanan yang dibuang keluarga Anda mungkin lebih sedikit, adalah hal yang salah jika harus membuang salad sayuran yang layu atau sisa makanan yang dibawa pulang setelah makan malam di luar.

Untuk solusinya, periksa kulkas sebelum Anda pergi ke supermarket. Kemudian buat daftar makanan Anda yang dibelanjakan. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan yakin untuk menggunakan barang-barang tersebut sebelum rusak atau basi, tetapi juga mengurangi kemungkinan membeli bahan makanan baru yang sia-sia.

5. Garansi yang diperpanjang

Perpanjangan garansi pada mobil, peralatan, atau perangkat elektronik lainnya dapat mengimbangi biaya perbaikan di masa depan, mereka tidak selalu menjadi masalah besar bagi konsumen, menurut Ramhold.

Terkadang biaya rencana akan melebihi biaya perbaikan potensial atau tidak mencakup masalah yang Anda miliki, kata Ramhold. Plus, banyak kartu kredit menyertakan cakupan garansi yang diperpanjang untuk beberapa pembelian, jadi Anda mungkin membayar pertanggungan yang sudah Anda miliki.

Jadi, daripada membayar garansi yang diperpanjang, pertimbangkan untuk mengarahkan uang ekstra Anda ke rekening darurat yang dapat digunakan untuk menutupi biaya perbaikan. Jika Anda sudah memiliki akun darurat yang didanai penuh, Anda mungkin dapat melewatkan pengeluaran ini sepenuhnya.

6. Lebih bayar untuk asuransi

Seperti kebanyakan layanan lainnya, biaya asuransi rumah dan mobil biasanya naik seiring waktu, tetapi jika Anda telah menggunakan penyedia yang sama selama beberapa tahun, Anda mungkin ingin berkeliling untuk melihat apakah Anda dapat menemukan harga yang lebih baik.

"Pelanggan baru mendapatkan penawaran pelanggan baru," kata pakar tabungan konsumen Andrea Woroch. "Anda mungkin dapat menemukan polis yang menawarkan cakupan yang sama atau lebih baik dengan harga lebih murah." Sebagai solusi, buat bundel asuransi rumah dan mobil dengan penyedia yang sama atau tingkatkan pengurangan Anda. Dengan melakukan dua hal itu, Woroch mengatakan bahwa dia baru-baru ini dapat memotong tagihan asuransinya sebesar USD 1.100 per tahun.

7. Bunga kartu kredit

Utang berbunga tinggi dan biaya kartu kredit membebani rumah tangga Amerika rata-rata USD 1.000 per tahun, menurut Biro Perlindungan Keuangan Konsumen. Sementara kartu kredit bisa menjadi alat yang berguna, mereka menjadi beban mahal yang bisa menyeret keuangan Anda saat Anda membawa saldo. Oleh karena itu, jika Anda memiliki utang, fokuslah untuk membayar saldo yang ada. "Jika Anda memiliki masalah dengan utang kartu kredit, mungkin ini saat yang tepat untuk menyimpan kartu dan menggunakan metode tunai, atau menggunakan kartu debit," saran Ramhold. (RF)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]