Pola Makan Sehat Untuk Diabetes: Boleh Makan Semua, Asal


Kamis,08 September 2022 - 09:17:00 WIB
Pola Makan Sehat Untuk Diabetes: Boleh Makan Semua, Asal sumber foto cnnindonesia.com

Jangan dulu berpikir kena diabetes adalah akhir dari segalanya. Anda masih bisa hidup dengan baik dengan mengatur pola makan sehat untuk penderita diabetes.Mengatur pola makan adalah cara terbaik menjalani hidup sehat dan teratur. Bahkan mengatur pola makan sehat untuk penderita diabetes juga harus dilakukan.Mengatur apa saja yang masuk ke tubuh memang penting agar gula darah bisa terkontrol dengan baik. Hal ini juga dikenal dengan sebutan diet diabetes, yang berarti makan makanan tersehat dalam jumlah sedang dan berpegang teguh pada waktu makan yang teratur.

dilansir dari laman cnnindonesia.com. "Pasien diabetes boleh dan tidak boleh makan apa? Sebenarnya semua boleh saja dimakan walau punya diabetes," kata dokter gizi klinis Shiela Stefani saat diskusi virtual Halo Diet beberapa waktu lalu. "Semua boleh dimakan, tapi sebanyak apa yang boleh dikonsumsi? itu yang penting, terutama gula dan tepung itu yang mesti dibatasi. Konsumsi karbohidrat sederhana cepat meningkatkan gula darah."Diungkapkan Sheila, karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat yang yang tinggi serat sehingga diserap perlahan oleh tubuh. Hal ini akan membuat kadar gula darah jadi stabil.

Menambahkan Sheila, Ika Setyani, Ahli gizi dan tim humas ASDI (Asosiasi Dietisien Indonesia) Jakarta mengungkapkan, pola makan sehat bagi penderita diabetes adalah dengan menjaga 3J (jumlah, jenis, jadwal). "Jumlah yang dimakan harus terkontrol, jenisnya harus bervarisi, dan jadwalnya harus konsisten agar gula darah terjaga." "Sebenarnya sebaiknya dikonsultasikan dengan ahli gizi agar pola makannya ini jadi lebih tepat sasaran. Kebutuhan dan kondisi setiap pasien diabetes melitus itu berbeda-beda."

Mayo Clinic, diet diabetes adalah rencana makan sehat yang secara alami kaya nutrisi, rendah lemak dan kalori. Elemen kuncinya adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Bukan hanya itu, diet diabetes juga merupakan rencana makan terbaik bagi kebanyakan orang. Dengan mengatur pola makan untuk penderita diabetes yang sesuai anjuran dokter, Anda bisa mengontrol gula darah (glukosa), mengatur berat badan dan mengontrol faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi. Ketika Anda makan ekstra kalori dan lemak, tubuh menciptakan peningkatan glukosa darah yang tidak diinginkan. Jika glukosa darah tidak dijaga, ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia) yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat mengatur pola makan untuk penderita diabetes:

  1. Mulai kurangi porsi makan; Perhatikan ukuran porsi dan kalori Anda. Kurangi makanan yang digoreng, minuman manis, dan apa pun yang asin atau berlemak. mulailah makanan sehat seperti makan banyak sayuran dengan biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, buah, dan lemak sehat. Konsultasi dengan dokter untuk mengatur diet terbaik yang bisa menjaga kadar gula tetap normal.
  2. Kurangi karbohidrat; Mengurangi bukan berarti menghilangkan sama sekali. Memang penelitian tentang manfaat diet rendah karbohidrat untuk diabetes masih beragam.Sebuah tinjauan yang ditulis oleh 25 ahli terkemuka mengatakan gaya makan ini harus menjadi langkah pertama dalam mengelola penyakit, karena dapat menurunkan glukosa darah yang tinggi
  3. Puasa atau Puasa Intermiten; Mengurangi atau berhenti makan sesekali bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan mungkin melawan penyakit kronis. Cobalah melakukan puasa sesekali untuk membersihkan pencernaan.Kurangi Gula Murni Ika mengungkapkan bahwa penderita diabetes sebaiknya mengurangi asupan gula murni. "Pantangan paling utamanya ya makanan yang mengandung gula murni, misal gula pasir, gula merah, permen. Tapi pada kasus hipoglikemi, gula murni masih boleh untuk meningkatkan glukosa supaya enggak hipoglikemi," katanya kepada CNNIndonesia.com, Itulah cara mengatur pola makan sehat untuk penderita diabetes.(iw)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]