Harga Minyak Dunia Lebih Mahal, Imbas Pembatasan Pasokan AS


Rabu,28 September 2022 - 09:24:57 WIB
Harga Minyak Dunia Lebih Mahal, Imbas Pembatasan Pasokan AS sumber foto liputan6.com

Harga minyak dunia naik pada Selasa dari level terendah sembilan bulan sehari sebelumnya. Didukung oleh pembatasan pasokan di Teluk Meksiko AS menjelang Badai Ian dan sedikit melemahnya dolar AS.Ekspektasi analis bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, dapat mengambil tindakan untuk membendung penurunan harga dengan memotong pasokan juga memberikan dukungan. OPEC+ bertemu untuk menetapkan kebijakan pada 5 Oktober. Dikutip dari CNBC, Rabu (28/9/2022), harga minyak mentah Brent mengakhiri hari di USD 86,27 per barel untuk kenaikan 2,6 persen. Pada hari Senin jatuh serendah USD 83,65, terendah sejak Januari. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS mengakhiri hari 2,33 persen lebih tinggi pada USD 78,50 per barel. Harga minyak mentah melonjak pada awal 2022, dengan Brent mendekati level tertinggi sepanjang masa di $147 pada Maret setelah Rusia menginvasi Ukraina, menambah kekhawatiran pasokan. Kekhawatiran tentang resesi, suku bunga tinggi dan kekuatan dolar sejak itu membebani.

Dilansir dari laman liputan6.com. “Minyak saat ini berada di bawah pengaruh kekuatan finansial,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM. "Sementara itu, aksi unjuk rasa bantuan, seperti yang terjadi pagi ini yang disebabkan oleh Badai Ian di Teluk AS, dipandang sebagai fenomena sementara," lanjutnya. Jeda dalam kekuatan Dolar AS, yang sebelumnya mencapai level tertinggi 20 tahun, memberikan beberapa dukungan. Dolar yang kuat membuat minyak mentah lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain dan cenderung membebani aset berisiko. Pemotongan pasokan kembali menjadi fokus pada hari Selasa memberikan beberapa dukungan. BP dan Chevron mengatakan pada hari Senin bahwa mereka menutup produksi di anjungan lepas pantai di Teluk Meksiko saat Badai Ian mendekati wilayah tersebut. Penurunan harga telah meningkatkan spekulasi bahwa OPEC+ dapat melakukan intervensi. Menteri perminyakan Irak pada hari Senin mengatakan kelompok itu memantau harga dan tidak menginginkan kenaikan tajam atau keruntuhan. “Hanya pengurangan produksi oleh OPEC+ yang dapat mematahkan momentum negatif dalam jangka pendek,” kata Giovanni Staunovo dan Wayne Gordon dari bank Swiss UBS.

Fokus juga pada hari Selasa adalah laporan inventaris AS terbaru, yang diperkirakan para analis akan menunjukkan peningkatan 300.000 barel dalam stok minyak mentah. Laporan American Petroleum Institute keluar pada 2030 GMT. Himpunan Pengusaha Pertashop Indonesia (HIPSI) meminta pemerintah menyesuaikan harga BBM nonsubsidi seturut turunnya harga minyak mentah dunia beberapa waktu terakhir ini. Salah satu yang menjadi sorotan adalah disparitas harga BBM subsidi dengan nonsubsidi, terutama pertalite dengan pertamax. Saat ini tren harga minyak mentah dunia terus menurun. Karena itu, pemerintah didorong untuk melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi, agar disparitas harga terpangkas. Dengan begitu, migrasi konsumen BBM nonsubsidi ke BBM subsidi bisa dihentikan dan meringankan beban APBN untuk subsidi BBM. Ketua umum HIPSI, Wawan mengatakan, disparitas harga antara pertalite dan pertamax yang mencapai Rp4.500 menyulitkan pengusaha Pertashop. Kini, sudah banyak pertashop yang tutup dan sebagian lainnya beromzet kurang dari 100 liter per hari.

"Namanya disparitas harga sampai Rp4.500. Kan agak sulit ya kalibrasi turun atau pertalite naik apalagi ya,” katanya, Selasa (27/9/2022). Saat ini kondisi pertashop di seluruh Indonesia sangat memprihatinkan. Padahal, pertashop adalah program pemerintah untuk menyalurkan BBM ke pedesaan. Disparitas yang tinggi menyebabkan pertashop sulit bertahan. Terlebih, banyak bbm subsidi jenis pertalite yang bocor dan dijual secara ilegal oleh pengecer (pertamini). Karena itu, pemerintah dan pertamina didorong untuk melakukan pengawasan dan penindakan semaksimal mungkin. "Jadi tetap mendorong, pencetus program ini (pertashop), pemerintah terutama, untuk bertanggung jawab program ini. Karena keberadaan kita ini kan membantu pemerintah," ucap Wawan. Akhir pekan lalu, harga minyak tergelincir sekitar lima persen ke level terendah sejak Januari pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena dolar AS mencapai posisi terkuatnya dalam lebih dari dua dekad serta meningkatnya kekhawatiran bahwa pengetatan bank sentral yang agresif dapat menyebabkan resesi dan merugikan permintaan energi. Dikutip Antara, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November merosot 4,75 dolar AS atau 5,7 persen, menjadi menetap di 78,74 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Untuk minggu ini, harga acuan minyak mentah AS anjlok 7,1 persen.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November kehilangan 4,31 dolar atau 4,8 persen, menjadi ditutup di 86,15 dolar per barel di London ICE Futures Exchange. Untuk minggu ini harga acuan minyak global ini anjlok 5,7 persen. Kemerosotan tajam tersebut merupakan penurunan mingguan keempat berturut-turut, pertama kali ini terjadi sejak Desember. Harga minyak secara teknis berada di wilayah oversold, dengan WTI di jalur untuk penyelesaian terendah sejak 10 Januari dan Brent untuk terendah sejak 14 Januari. Bensin dan solar AS juga turun lebih dari lima persen. Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada Rabu (21/9/2022). Bank-bank sentral di seluruh dunia mengikuti dengan kenaikan mereka sendiri, meningkatkan risiko perlambatan ekonomi. "Minyak jatuh karena kekhawatiran pertumbuhan global mencapai mode panik mengingat komitmen bank-bank sentral untuk memerangi inflasi. Tampaknya bank-bank sentral siap untuk tetap agresif dengan kenaikan suku bunga dan itu akan melemahkan aktivitas ekonomi dan prospek permintaan minyak mentah jangka pendek," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA seperti dikutip Reuters.(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]