Pil KB Mengandung Estrogen Cegah Osteoporosis


Selasa,24 Mei 2016 - 10:25:24 WIB
Pil KB Mengandung Estrogen Cegah Osteoporosis

Selain mencegah kehamilan, ada manfaat lain penggunaan pil KB yakni salah satunya mencegah osteoporosis. Hal ini terutama bisa dirasakan oleh wanita lansia yang tinggal di negara empat musim.

dr Boy Abidin SpOG(K) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading menjelaskan, dengan pada pil KB terdapat kandungan hormon estrogen. Seperti diketahui, pada wanita yang sudah menopause, kadar hormon estrogen di tubuhnya pun menurun. Hal ini disebabkan ovarium yang sudah tidak bisa memproduksi hormon tersebut dengan baik. Padahal, salah satu fungsi hormon estrogen adalah membuat kalsium bisa lebih mudah diserap ke dalam tulang. Bahkan, lanjut dr Boy, orang dengan estrogen rendah meskipun ia mengonsumsi asupan kaya kalsium tetap saja kalsium tidak bisa terserap dengan baik ke dalam tulang.

"Akibatnya tulang tetap keropos. Jadi wanita dengan kadar estrogen cukup di usia reproduktif, dapat sinar matahari cukup, mengasup kalsium cukup, tulangnya akan lebih kuat. Nah, saat menopause kepadatan dan kekuatan tulangnya pun akan lebih bagus," terang dr Boy saat ditemui baru-baru ini dilansir detik.com.

Konsumsi pil KB dengan kandungan hormon estrogen di dalamnya bisa membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang lansia lebih optimal. Terutama, pada wanita lansia yang tinggal di negara empat musim di mana mereka cenderung kurang mendapat paparan sinar matahari.

"Kalau di kita kan matahari cukup banyak. Kalau yang tinggal di negara 4 musim kan nggak terlalu banyak sinar mataharinya. Jadi begitu ada matahari, terus ditambah dengan minum pil KB itu membantu tulang jadi lebih kuat," tutup dr Boy.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]