8 Manfaat Minyak Kanola, Baik untuk Kesehatan Jantung


Kamis,17 September 2020 - 09:20:34 WIB
8 Manfaat Minyak Kanola, Baik untuk Kesehatan Jantung Sumber foto liputan6.com

Minyak kanola adalah salah satu jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman kanola. Minyak kanola sendiri sama seperti minyak goreng pada umumnya. Di dalam minyak kanola terdapat kandungan tiga jenis lemak, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, serta lemak tak jenuh ganda.

Dilansir dari laman liputan6.com, apabila dilihat dari segi nutrisi, dalam satu sendok minyak kanola terdapat kandungan 124 kalori dan 16% vitamin E. Selain itu, di dalam minyak kanola juga terdapat kandungan 64% lemak tak jenuh tunggal dan 28% lemak tak jenuh ganda, di mana terdapat omega-3 dan omega-6 di dalamnya. Lalu, minyak kanola sendiri memiliki kelebihan, salah satunya kandungan lemak jenuhnya yang cenderung lebih rendah dibandingkan minyak lain, yaitu sekitar 7%.

Dengan berbagai kandungan baik tersebut, maka tidak heran jika banyak manfaat minyak kanola yang bisa didapatkan, terutama bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaat minyak kanola juga bagus untuk Anda yang sedang dalam program diet penurunan berat badan, karena minyak kanola dapat menggantikan penggunaan minyak goreng yang digunakan dalam makanan sehat Anda.

Untuk membahas lebih dalam apa saja sebenarnya manfaat minyak kanola yang bisa didapatkan, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat minyak kanola bagi tubuh yang sayang apabila dilewatkan, Kamis (17/9/2020).

Minyak kanola adalah salah satu jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman kanola. Sebenarnya minyak kanola sendiri sama seperti minyak goreng pada umumnya. Di dalam minyak kanola terdapat kandungan tiga jenis lemak, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, serta lemak tak jenuh ganda.

Untuk membahas lebih dalam apa saja sebenarnya manfaat minyak kanola yang bisa didapatkan, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat minyak kanola bagi tubuh yang sayang apabila dilewatkan, Kamis (17/9/2020).

Manfaat Minyak Kanola

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat minyak kanola yang pertama dan paling umum dirasakan yaitu kemampuannya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein) yang ada di dalam darah. Hal ini tidak lepas dari kandungan lemak jenuh dalam minyak kanola yang sangat rendah.

Selain itu, dengan adanya kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi di dalam minyak kanola, mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) di dalam darah.

2. Meningkatakan kesehatan jantung

Kemudian manfaat minyak kanola sangat baik bagi kesehatan jantung. Sebab, minyak kanola memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh serta berguna untuk menyehatkan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mencegah sel tubuh rusak

Adanya kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak kanola, ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Sebab kandungan vitamin E tersebut memiliki sifat antioksidan di mana berguna untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan paparan radikal bebas.

4. Mengontrol gula darah

Dengan adanya kandungan lemak tak jenuh yang terkandung di dalam minyak kanola, maka manfaat minyak kanola tidak terbatas hanya baik untuk kesehatan jantung, namun manfaat minyak kanola juga bisa untuk membantu menjaga kadar gula darah. Dengan begitu akan membuat risiko untuk terkena diabetes menjadi lebih kecil.

Selain itu, apabila minyak kanola dikonsumsi secara teratur, manfaat minyak kanola juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 9%. Manfaat minyak kanola tersebut sangat berguna bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau yang memiliki kadar gula darah normal.

5. Menyembuhkan peradangan

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam minyak kanola mampu mengurangi risiko terjadinya peradangan. Dengan begitu, timbulnya risiko akan berbagai penyakit kronis juga dapat menurun.

6. Menjaga kesehatan rambut

Kemudian, manfaat minyak kanola lainnya yaitu mampu memberi tambahan nutrisi pada rambut serta kulit kepala. Bagi Anda yang mungkin memiliki rambut kering, maka masalah tersebut akan dengan mudah diatasi dengan minyak kanola. Sebab kandungan nutrisi dalam minyak kanola dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan rambut.

Selain itu, minyak canola juga sangat baik untuk menjaga kesuburan rambut, bahkan juga terbukti efektif untuk mengatasi rambut rontok.

7. Menyehatkan kulit

Adanya kandungan berupa asam lemak di dalam minyak kanola, mampu menjaga kulit tetap sehat dan terpenuhi nutrisinya. Selain itu, asam lemak tersebut membantu untuk melembapkan kulit, sehingga sangat baik bagi penderita kulit kering.

Minyak kanola seperti yang diketahui secara luas, juga mengandung vitamin E serta antioksidan. Kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi kenyal serta awet muda. Dengan berbagai nutrisi tersebut minyak canola juga akan sangat baik untuk mengobati noda, keriput, serta infeksi kulit.

8. Membantu turunkan berat badan

Manfaat minyak kanola yang terakhir, yaitu dapat membantu turunkan berat badan. Hal ini tidak lepas dari 63% kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak kanola. Dengan kandungan sebesar itu, akan sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat LDL.

Namun meski minyak kanola dapat membantu program penurunan berat badan, hasil dari tiap orang akan berbeda-beda tergantung pola makan serta gaya hidup yang dijalani. Agar manfaat minyak kanola bisa dirasakan secara maksimal, jangan menggunakan minyak kanola untuk memasak melebihi dari titik asapnya (smoke point), yaitu 200 derajat Celcius. Selain itu, jangan gunakan minyak kanola untuk menggoreng dengan metode deep frying.

Kandungan Minyak Kanola

Apabila dilihat dari segi nutrisi, dalam satu sendok minyak kanola terdapat kandungan 124 kalori dan 16% vitamin E. Selain itu, di dalam minyak kanola juga terdapat kandungan 64% lemak tak jenuh tunggal dan 28% lemak tak jenuh ganda, di mana terdapat omega-3 dan omega-6 di dalamnya.

Lalu, minyak kanola sendiri memiliki kelebihan, salah satunya kandungan lemak jenuhnya yang cenderung lebih rendah dibandingkan minyak lain, yaitu sekitar 7%. Dengan berbagai kandungan baik tersebut, maka tidak heran jika banyak manfaat minyak kanola yang bisa didapatkan, terutama bagi kesehatan tubuh.

Bahkan manfaat minyak kanola juga bagus untuk Anda yang sedang dalam program diet penurunan berat badan, karena minyak kanola dapat menggantikan penggunaan minyak goreng yang digunakan dalam makanan sehat Anda. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]