Segera Daftar, Kemenparekraf Buka Lowongan PPPK untuk 191 Formasi


Kamis,29 Desember 2022 - 09:43:56 WIB
Segera Daftar, Kemenparekraf Buka Lowongan PPPK untuk 191 Formasi sumber foto merdeka.com

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekref) membuka lowongan kerja untuk 191 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis. Pendaftaran seleksi PPPK ini sudah dibuka sejak 21 Desember 2022 dan berakhir pada 6 Januari 2023 mendatang.

Dilansir dari laman merdeka.com.  "Bersama ini kam sampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi ASN," tulis pengumuman Kemenparekraf, dikutip Rabu (28/12).

Sebanyak 191 formasi ini akan ditempatkan di 14 unit kerja yang ada di Kementerian Parekraf. Mulai dari sekertariat kementerian, kedeputian, inspektorat utama hingga politeknik pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut ini persyaratan khusus PPPK tenaga teknis di lingkungan Kementerian Parekraf:

1. Jabatan Ahli Pertama: Penerjemah, sebagai tambahan dari nilai 25 persen nilai tertinggi kompetensi teknis diutamakan dapat melampirkan:

  1. Sertifikat profesi penerjemah dari Himpunan Penerjemah Indonesia atau Hasil uji kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) 2 tahun terakhir dengan predikat SanggatUnggul atau Istimewa;
  2. Memiliki hasil tes TOEFL PBT/ITP 2 tahun terakhir dengan skor 570, hasil tes TOEFL IBT 2 tahun terakhir dengan skor 88, atau hasil IELTS 2 tahun terakhir dengan skor 6,5.

2. Jabatan Asisten Ahli Dosen: harus memiliki pengalaman mengajar pada bidang kerja vokasi kepariwisataan minimal 2 (dua) tahun di perguruan tinggi.

3. Jabatan Asisten Ahli Dosen Agama Hindu, Asisten Ahli Dosen Agama Islam, Asisten Ahli Dosen Bahasa Inggris harus memiliki pengalaman mengajar pada bidang kerja yang relevan minimal 2 (dua) tahun di perguruan tinggi.

4. Jabatan Terampil Pustakawan dan Jabatan Ahli Pertama
Pustakawan dapat melampirkan sertifikat kompetensi kerja Perpustakaan masih berlaku yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan sebagai tambahan nilai 15% dari nilai tertinggi kompetensi teknis.

5. Jabatan Ahli Pertama - Pengelola Pengadaan Barang/Jasa harus memiliki Sertifikat Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar/level-1. 6.

Jabatan Ahli Pertama Instruktur harus memiliki Sertifikat keahlian dan Sertifikat Kompetensi sesuai dengan bidang keahlian (KKNI Level 1,2 dan 3), dan dapat melampirkan Sertifikat metodologi Level 3 (tambahan nilai 20% dari nilai tertinggi kompetensi teknis).

Tata Cara Pendaftaran Pelamar PPPK Tenaga Teknis

1. Pelamar mengunggah scan dokumen persyaratan melalui laman https://sscan.bkn.go.id . Adapun dokumen yang perlu diunggah antara lain:

  1. Surat lamaran yang diketik menggunakan Komputer dan ditujukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, bermaterai Rp. 10.000,- (Formulir Lamaran pada Lampiran I).
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);
  3. Ijazah Asli:
  4. Transkip Nilai Ijazah Asli:
  5. Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal (bukan kaos/T-Shirt) dengan latarbelakang warna merah;
  6. Surat keterangan memiliki pengalaman paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar, ditandatangani oleh pejabat yang berwenang tercantum di Pengumuman pada huruf F butir 8. g.
  7. Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta hitam (Formulir Surat Pernyataan pada Lampiran II)

h. Dokumen syarat khusus sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Adapun untuk formulir lamaran dan berbagai lampiran lainnya bisa diunduh langsung melalui laman: https://kemenparekraf.go.id/pengumuman/pengumuman-pengadaan-pegawai-pemerintah-dengan-perjanjian-kerja-tenaga-teknis-kementerian-pariwisata-dan-ekonomi-kreatifbadan-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-tahun-anggaran-20

2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pendukung lainnya dilakukan secara online melalui laman: https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Tahapan Seleksi PPPK Tenaga Teknis

1. Seleksi Administrasi

2. Seleksi Kompetensi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang meliputi ujian:

a. Kompetensi Teknis b. Kompetensi Manajerial

c. Kompetensi Sosial Kultural

d. Wawancara (penilaian integritas dan moralitas).

 

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]