Cara Menghitung Produksi Kelapa Sawit


Selasa,10 Januari 2023 - 10:10:50 WIB
Cara Menghitung Produksi Kelapa Sawit sumber foto infosawit.com

Belum lama ini muncul pertanyaan dalam timeline disalah satu media sosial favorit masyarakat, berikut pertanyaannya, “Bagaimana cara menghitung potensi produksi sawit”. Sekilas pertanyaan tersebut demikian sederhana, padahal sejatinya tidak demikian, lantaran jawaban dari pertanyaan tersebut butuh pemaparan yang mendalam, sebab harus mentabulasikan berbagai faktor, diantaranya faktor iklim, berkaitan dengan utamanya curah hujan, termasuk faktor penyinaran matahari, dan faktor tanah terkait dengan kedalaman solum, kemiringan lereng, tekstur dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman infosawit.com. Supaya pembahasannya tidak berat dan melebar luas, maka pertanyaan itu akan dipersempit dan dibatasi bukan lagi “menghitung potensi produksi” melainkan “Bagaimana cara menghitung estimasi produksi”, sebab berdasarkan pandangan penulis, guna menghitung potensi produksi bukan diskusi yang mudah dan bukan konsumsi para agronomis atau pekerja di lapangan, melainkan bakal menjadi konsumsi para pengambil keputusan (manajemen). Sebab itu pembahasan artikel ini hanya akan dibatasi pada pembahasan estimasi produksi.

Nah, mari kita bahas, sekalipun menurut penulis bagian ini adalah banyak berkaitan dengan perhitungan matematika belaka, namun demikan beberapa teori dan teknisnya mesti pula dipahami.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]