Tips Persiapkan Diri Agar Semangat Kembali Kerja di Kantor


Kamis,19 Januari 2023 - 09:40:23 WIB
Tips Persiapkan Diri Agar Semangat Kembali Kerja di Kantor sumber foto merdeka.com

Pandemi yang terjadi sejak 3 tahun terakhir telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal bekerja. Para pekerja telah terbiasa bekerja dari jarak jauh, sehingga kantor menjadi tempat asing bagi mereka. Namun, pulihnya ekonomi dan menurunnya kasus covid-19 juga memengaruhi dunia kerja. Dari yang tadinya banyak perusahaan membuat kebijakan WFH (Work from Home), kini perusahaan mulai kembali menerapkan sistem WFO (bekerja dari kantor) atau hybrid dengan alasan tertentu.

dilansir dari laman merdeka.com. Meski pulang-pergi kantor sudah menjadi hal yang biasa, namun penerapan kerja di kantor kembali membuat masyarakat merasa terbebani dan bahkan menimbulkan kecemasan. Meskipun ada kekurangan dan kelebihannya, sistem kerja WFH memang menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi para pekerja. Apalagi, situasi WFH juga membuat pekerja merasa lebih aman dari segi kesehatan karena terhindar dari keramaian. Karena itulah, untuk sebagian orang, kembali WFO bisa jadi membebani, bahkan menimbulkan stres.

Di antaranya adalah perasaan lelah karena harus menempuh jalan pergi dan pulang, merasa sulit untuk fokus menyelesaikan pekerjaan, hingga mengalami kecemasan karena harus kembali berhadapan dan bersosialisasi dengan banyak orang. Indikator stres kerja dari tanda-tanda tersebut bisa dilihat dari performa dan produktivitas yang berkurang. Namun, WFO bisa jadi bagian yang tidak terlepas dari pekerjaan dan memang harus dihadapi, terlebih jika hal itu memungkinkan industri tempat Anda bekerja untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Untuk itu, Anda butuh persiapan untuk memastikan transisi situasi kerja berjalan lancar, dan Anda bisa tetap produktif. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk persiapan kembali ke kantor, dikutip Jobstreet.

Salah satu hal sederhana namun sulit dilakukan ketika kembali WFO adalah menyesuaikan jam biologis. Jika saat WFH Anda bisa bangun lebih siang, WFO membuat harus bangun lebih pagi untuk bersiap berangkat ke kantor. Pastikan Anda menyusun jam tidur, bangun, dan bersiap. Perhitungkan juga waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kantor, terutama jika ini pertama kalinya Anda WFO di perusahaan tempatmu bekerja. Agar lebih aman, buat juga daftar benda-benda yang harus kamu bawa ke kantor.

2. Mengatur Meja Kerja

Sebagian besar waktu di kantor dihabiskan di meja kerja. Karena itu, menyusun meja kerja yang rapi dan nyaman sangat penting. Anda juga bisa membangun mood dengan mendekorasi meja kerja sesuai estetika Anda. Ini bisa membuatmu merasa lebih nyaman walau bekerja di kantor.

3. Menyesuaikan Kondisi Pribadi

WFH memang memiliki berbagai keunggulan jika dilihat dari sisi kebutuhan personal. Jika Anda memiliki anak atau orang tua yang perlu diurus, mungkin sistem kerja WFH yang cenderung menghemat waktu bisa memudahkan untuk memenuhi peran tersebut dengan lebih efisien. Namun, jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk WFO, bicarakanlah dengan anggota keluarga terlebih dahulu agar Anda menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan rumah sebelum kembali WFO. Anda juga bisa mendiskusikan kebutuhanmu dengan HRD jika memang ada yang bisa dibantu dari pihak perusahaan.

4. Membuat Perhitungan Keuangan

Bagian ini adalah salah satu yang paling penting dalam persiapan kembali WFO. Tidak dipungkiri bahwa WFO terkadang membutuhkan biaya lebih, seperti ongkos pulang-pergi, uang parkir, dan uang makan.  Agar kondisi dan target keuangan Anda tetap terjaga, buatlah kalkulasi pengeluaran yang dibutuhkan sebelum kembali WFO. Ini bisa membantu untuk menentukan prioritas dan menghindari pengeluaran untuk hal yang tidak terlalu penting

(IV)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]