Tarian Reog Menyita Perhatikan Masyarakat Melayu


Selasa,23 Agustus 2016 - 02:23:46 WIB
Tarian Reog Menyita Perhatikan Masyarakat Melayu Tarian reog.

Kesenian reog yang merupakan kesenian dari Pulau Jawa ternyata menyita perhatian masyarakat. Saat tampil pada acara hiburan rakyat dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kelurahan Rimbas Sekampung, Kecamatan Bengkalis, masyarakatnya yang mayoritas suku Melayu ikut menyaksikan hingga berakhirnya acara.

Tarian reog sengaja diselenggarakan di sela kegiatan tradisional dalam memeriahkan HUT RI oleh panitia penyelenggara Paguyuban Reog Rimbas Manunggal Kelurahan Rimbas Sekampung sebagai hiburan. Setidaknya, dalam peragaan kesenian reog di Kebun Kapas Rimbas Sekampung ada tiga Kabupaten/kota yang dilibatkan, masing-masing Kabupaten Bengkalis, Siak dan Kota Madya Dumai.

"Tarian Reog sengaja kita tampilkan di sela kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 ini. Tujuannya, agar masyarakat Jawa dan non Jawa bisa lebih mengenal kesenian reog yang merupakan kesenian masyarakat Jawa, " ujar Hardiyanto, Ketua Paguyuban Reog Rimbas Manunggal.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Keluarga Masyarakatnya Jawa (PKMJ) Kabupaten Bengkalis Masuri,SH mengapresiasi kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kebun Kapas Rimbas Sekampung yang menampilkan kesenian reog.

Menurut Masuri, kesenian reog Jawa merupakan aset daerah dan negara yang dititipkan melalui masyarakat Jawa. "Ini merupakan sebuah apresiasi besar bagi warga kita, apalagi pada pertunjukan reog, kita lihat banyak anak - anak muda yang dilibatkan. Sebagaimana kita tahu, seni budaya ini merupakan kekayaan bangsa yang dititipkan kepada masyarakat Jawa. Dengan moment ini juga kita berharap kesenian Jawa bukan hanya untuk masyarakat Jawa tetapi untuk semua lapisan masyarakat dan suku,"ujar Masuri Minggu (21/8/2016).

Pada kesempatan itu, Masuri mengajak semua masyarakat Jawa agar mengisi momentum HUT Kemerdekaan RI dengan hal - hal yang positif, kreatif dan penuh inovasi. "Kedepannya, harapan kita lagi tentunya kepada pemerintah lebih memperhatikan kesenian masyarakat Jawa seperti ini agar kesenian dan aset daerah ini tidak hilang ditelan zaman,"tutup Masuri.(*)

Jun-1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]