Tak Galak Lagi, China Akui Natuna Milik Indonesia


Jumat,24 Januari 2020 - 14:52:54 WIB
Tak Galak Lagi, China Akui Natuna Milik Indonesia sumber foto cnbcindonesia.com

Gesekan kapal coast guard China dengan aparat Indonesia di Kepulauan Natuna beberapa waktu lalu sempat membuat ketegangan kedua negara. China pada awal insiden bersikap keras, tapi belakangan China makin terus melunak soal Natuna.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian bahkan menegaskan perairan Natuna adalah milik Indonesia. Ia juga memastikan pemerintah China tidak akan mempermasalahkan fakta laut Natuna adalah milik Indonesia.

"Pertama, tidak ada perselisihan antara Indonesia dengan China terkait teritorial kita. Natuna adalah milik Indonesia. China tidak pernah permasalahkan itu. China juga memiliki klaim teritorial sendiri terkait Kepulauan Spratly dan Indonesia pun tidak pernah mempermasalahkan itu," kata Xiao Qian di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020) seperti dikutip dari detik.com.

Xiao Qian menyampaikan hal itu usai bertemu Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan. Ia mengatakan Indonesia dan China memang punya pandangan masing-masing soal area perairan di Natuna tapi menurutnya hal itu tidak masalah.

"Antara teman baik, antara saudara, pasti ada yang punya pandangan berbeda," ucap Xiao Qian. Menurutnya, hal ini bisa dibicarakan lewat jalur diplomatik. Xiao Qian menegaskan masalah Natuna tidak mempengaruhi hubungan bilateral Indonesia-China. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]