Jokowi Tunggu Keputusan BPOM Sebelum Mulai Vaksinasi


Rabu,06 Januari 2021 - 16:39:08 WIB
Jokowi Tunggu Keputusan BPOM Sebelum Mulai Vaksinasi sumber foto cnnindonesia.com

Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum memulai vaksinasi Covid-19.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, Jokowi mengatakan kemungkinan izin tersebut bisa terbit pekan ini. Ia menyampaikan vaksinasi dilakukan dua atau tiga hari setelah izin keluar.

"Kita masih menunggu hasil pengujian, nanti akan keluar yang namanya izin darurat penggunaan dari BPOM. Kita harapkan minggu ini atau minggu depan keluar," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1).

Jokowi menyampaikan dirinya jadi orang pertama yang akan disuntik vaksin corona. Menurutnya, langkah itu akan memberi kepercayaan bagi masyarakat bahwa vaksin aman. "Harapan setelah nanti mulai vaksinasi keadaan mulai kembali normal, kalau sudah kira-kira 70 persen penduduk Indonesia disuntik vaksin," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 akan dimulai Rabu (13/1). Vaksinasi perdana akan digelar di Jakarta. Indonesia menargetkan vaksinasi terhadap 181 juta orang untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk itu, pemerintah mendatangkan 426 juta dosis vaksin dari berbagai perusahaan dunia.

BPOM juga diminta tetap profesional dan objektif dalam mengeluarkan izin pakai penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 buatan Sinovac meskipun vaksinasi telah diumumkan pelaksanaannya pada 13 Januari mendatang.

"BPOM (harus) bekerja profesional dan objektif menilai kelayakan vaksin tersebut. Diharapkan BPOM tidak terpengaruh pada tekanan pihak tertentu dalam memproses pemberian EUA," kata politikus PKS Mulyanto kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1). (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]