Adakah Ciri-ciri Kolesterol TinggiPada Tubuh?


Jumat,24 Juni 2016 - 16:53:43 WIB
Adakah Ciri-ciri Kolesterol TinggiPada Tubuh? (foto: int)

Orang seringkali tidak sadar jika dirinya memiliki kolesterol tinggi dalam darahnya, sehingga kondisinya kerap terlambat diobati. Apa ciri-ciri fisik yang bisa dilihat jika seseorang memiliki kolesterol tinggi?

Menurut dr Iwan Purnawan, SpPD, secara fisik kolesterol tinggi tidak memiliki ciri khas tertentu. Kadar kolesterol yang tinggi hanya dapat diketahui jika seseorang melakukan pemeriksaan laboratorium.

Dari hasil tersebut, dokter baru bisa melihat seberapa tinggi kadar kolesterol orang tersebut, serta menentukan seperti apa metode pengobatannya yang paling tepat.

"Dokter hanya bisa menduga seseorang memiliki hiperkolesterol jika didapatkan penyakit diabetes, darah tinggi atau kegemukan," tutur dokter spesialis penyakit dalam dari Mayapada Hospital Tangerang tersebut.

"Santan dan daging sapi termasuk jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, jadi sebaiknya dihindari orang-orang yang mengidap penyakit tertentu seperti penyakit penyempitan pembuluh darah jantung," imbuhnya dilansir detik.com.

Namun bukan berarti dilarang sama sekali, untuk variasi menu boleh saja pasien mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, tapi sebatas dua kali seminggu. Jangan lupa variasikan dengan makanan lain seperti ikan, kacang-kacangan sebagai pengganti daging seperti tahu dan tempe.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]