Ramah Lingkungan, Supermarket di Bali hingga Vietnam Pakai Kemasan Daun pisang


Kamis,25 April 2019 - 14:40:20 WIB
Ramah Lingkungan, Supermarket di Bali hingga Vietnam Pakai Kemasan Daun pisang sumber photo detik.com

Guna mengurangi limbah plastik, kini makin banyak supermarket yang beralih ke kemasan baru. Salah satunya menggunakan daun pisang yang alami dan ramah lingkungan.

Berawal dari Rimping Supermarket di Chiang Mai, Thailand, yang mengganti kemasan plastik mereka dengan daun pisang untuk sayuran dan buah-buahan. Kini semakin banyak supermarket di Asia, yang melakukan hal sama.

Baru-baru ini salah satu supermarket di Bali, Bintang Supermarket yang berlokasi di Ubud dan Seminyak, membuat gerakan serupa. Supermarket ini memutuskan untuk beralih dari kemasan plastik, ke daun pisang untuk membungkus produk sayuran mereka, seperti cabe, sawi, daun bawang, buncis, kol, hingga timun.
 

"Kami memulai sebuah perubahan lewat kemasan. Secara bertahap kami akan mengurangi penggunaan kemasan plastik, terutama untuk produk segar," tulis akun Facebook resmi Bintang Supermarket, dilansir dari Coconuts Bali (24/04).

Selain mengurangi kemasan plastik, Bintang Supermarket juga sudah berhenti menyediakan kantong plastik untuk pengunjung. Termasuk berhenti menjual sedotan plastik, dan wadah styrofoam.

Tak hanya di Bali dan Thailand, perubahan kemasan plastik ke daun pisang ini juga dilakukan di supermarket besar di Vietnam. Salah satunya ada Lotte Mart dan Saigon Co yang menggunakan daun pisang.

Gerai Supermarket Big C yang juga populer, dan memiliki banyak cabang di Vietnam, punya kemasan yang lebih unik dan ramah lingkungan. Mereka menggunakan kemasan yang terbuat dari tepung jagung.

Bukan tanpa alasan, daun pisang populer digunakan untuk membungkus sayuran hingga buah. Daun pisang dikenal memiliki tekstur yang tebal, dan fleksibel. Sehingga memungkinkan daun untuk dilipat menutupi sayuran tanpa patah atau robek, juga bisa menjaga suhu sayur agar tetap sejuk.

Daun pisang lebih mudah di kompos dan ramah lingkungan. Hasil kompos daun pisang bisa menambah nutrisi tanah, sehingga membuat tanah lebih subur.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada lebih dari 9,8 juta kantong plastik yang digunakan setiap tahunnya. Sehingga pemerintah Indonesia berharap dapat mengurangi limbah plastik hingga 70%, di tahun 2025 nanti, dikutip dari laman detik.com.

Karenanya langkah yang diambil oleh Bintang Supermarket, mendapatkan berbagai respon positif dari banyak orang dan netizen. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]