BBPOM Pekanbaru Temukan Makanan Takjil Gunakan Bahan Berbahaya


Rabu,15 Mei 2019 - 15:11:54 WIB
BBPOM Pekanbaru Temukan Makanan Takjil Gunakan Bahan Berbahaya bisnis.com

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan, BBPOM, Pekanbaru menggelar sidak pengujian takjil atau makanan berbuka yang dijual di sejumlah pasar Ramadan. Hasilnya ditemukan beberapa makanan takjil mengandung bahan berbahaya.

Ahli Muda Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM Pekanbaru Sonya mengatakan pihaknya telah melakukan sidak takjil di tiga lokasi berbeda yaitu di Pekanbaru, Pelalawan, dan Kampar.

"Hasilnya kami menemukan tujuh menu takjil yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya, kami menemukannya dijual di Kampar," kata Sonya, Rabu (15/5/2019).

Sonya menjelaskan tujuh menu yang diuji BBPOM tersebut adalah dua sampel minuman, satu sampel mi kuning basah, tiga sampel agar-agar, dan satu sampel mi kuning kering.

Dari hasil uji pihaknya menemukan bahan berbahaya dari kandungan makanan takjil tersebut, yaitu rhodamin B dari sampel minuman, lalu boraks dari sampel mi kuning.

Kedua bahan itu menurut Sonya sangat berbahaya bila dikonsumsi manusia.

"Dari penemuan ini, kami sedang melakukan penelusuran terhadap pembuat makanan takjil tersebut," kata Sonya, dikutip dari laman bisnis.com.

Adapun dari hasil sidak di Pekanbaru dan Pelalawan, pihaknya belum menemukan bahan berbahaya pada makanan takjil yang dijual pedagang. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]