Manfaatkan Kabut Asap, Sindikat Narkoba di Riau Dibekuk Polisi


Jumat,20 September 2019 - 11:01:44 WIB
Manfaatkan Kabut Asap, Sindikat Narkoba di Riau Dibekuk Polisi detik.com

Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat kembali menangkap sindikat internasional di Pekanbaru, Riau. Sindikat ini memanfaatkan asap kebakaran hutan dan lahan di Riau untuk melancarkan peredarannya.


"Jadi memang karhutla di Riau ini dimanfaatkan oleh jaringan ini untuk menyelundupkan narkoba," kata Kapolres Jakbar Kombes Hengki Haryadi dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (20/9/2019).

 

Jarak pandang yang terbatas di Kota Riau dimanfaatkan oleh sindikat untuk menyelundupkan sabu. Meski begitu, polisi tetap berhasil menangkap para pelaku.


"Artinya ini menjadi komitmen bagi kami, agar bandar narkoba jangan main-main di Indonesia. Apapun risikonya akan kita tindak tegas," imbuh Hengki.

 

Satu orang tersangka ditangkap pada Rabu (18/9) sore. Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita 10 bungkus paket berisi sabu yang dikemas dalam kemasan teh China.


Sementara, seperti berita dilansir detik.com, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz menjelaskan, anggotanya yang dipimpin Kanit 1 AKP Arif Oktora menyelidiki jaringan itu selama satu bulan. Polisi mengintai jaringan setelah adanya informasi masuknya jaringan pada Agustus 2019 di Pekanbaru Riau yang akan mengedarkan barang haram itu di Jakarta.


Tim kemudian melakukan pengintaian mulai dari Medan, Sumatera Utara hingga kemudian menangkap tersangka di Pekanbaru, Riau.

 

"Tersangka ada satu orang yang kita amankan bersama barang bukti, untuk lebih jelasnya nanti akan kami sampaikan kembali," kata Erick.


Sementara AKP Erif Oktora mengungkap kabut asap yang terjadi di Riau sempat menyulitkan anggota dalam melakukan penyelidikan. Timnya pun harus menyiapkan masker agar tidak menghirup asap kebakaran hutan tersebut.


"Memang tim kami di lapangan sempat kesulitan melakukan surveilance karena kabut asap ini, tetapi Alhamdulillah kita berhasil menangkap pelakunya," kata Arif. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]