Calon Menteri Diperkenalkan, Ini 6 Nama yang Dipanggil Jokowi Sejauh Ini


Senin,21 Oktober 2019 - 13:07:23 WIB
Calon Menteri Diperkenalkan, Ini 6 Nama yang Dipanggil Jokowi Sejauh Ini sumber photo detik.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai memanggil nama-nama calon menteri di periode kedua pemerintahannya. Sejauh ini sudah ada 6 nama yang dipanggil ke Istana.

Dilansir berita laman detik.com, enam orang yang datang itu kompak mengenakan kemeja putih. Mereka di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud Md; founder Gojek, Nadiem Makarim; dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu.

Jokowi sebelumnya memang mengaku akan segera mengenalkan calon menterinya. Proses pengenalan menteri ini dilakukan Jokowi hari ini.

"Besok pagi akan saya kenalkan, jam pagi," kata Jokowi, Minggu (20/10).

  1. Mahfud Md

    Eks Ketua MK Mahfud Md menjadi orang pertama yang tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pukul 09.32 WIB, Senin (21/10/2019). Mahfud mengaku diminta Jokowi menjadi menteri

    "Intinya saya diminta membantu beliau untuk menjadi salah seorang menteri," kata Mahfud Md di Kompleks Istana seusai pertemuan. Mahfud menyebutkan bahwa dia mendiskusikan sejumlah hal bersama Jokowi. Dia menyinggung soal penegakan hukum dan HAM. "Yang agak dalam kami diskusi masalah pelanggaran HAM, hukum yang kurang menggigit," sebut Mahfud.
  1. Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu

    Setelahnya, giliran Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu yang menyambangi Istana pukul 10.07 WIB. Dia tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

    Tetty lebih banyak diam saat dipanggil wartawan. Namun, saat ditanya mengapa dia mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Tetty mengaku itu memang pakaian kerjanya. "Ini memang baju kerja," kata Tetty.

    Sementara saat ditanya apakah dia dipanggil terkait jabatan menteri, Tetty mengaku belum tahu. "Belum tahu, belum tahu," ujarnya.
  1. Nadiem Makarim

    Sementara itu, founder Gojek, Nadiem Makarim, yang juga mengenakan kemeja putih, tiba di Istana Kepresidenan pukul 10.17 WIB. Dia mengaku dipanggil Presiden Jokowi.

    Dia mengaku diajak berbicara Jokowi soal reformasi birokrasi, SDM, dan investasi. Nadiem menegaskan siap jadi menteri. "Saya bersedia dan saya menerima," ucap Nadiem setelah bertemu dengan Jokowi.
  1. Wishnutama

    Nama yang datang selanjutnya ialah Wishnutama (Tama). Dia, yang mengenakan kemeja putih seperti tokoh-tokoh sebelumnya, tiba sekitar pukul 11.10 WIB. Tama mengaku mendapat panggilan dari Jokowi semalam, Minggu (20/10). "Tadi malam sama protokoler," katanya.
  1. Erick Thohir

    Pengusaha nasional yang juga eks Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Erick Thohir juga merapat ke Istana dengan mengenakan kemeja putih. Erick Thohir tiba di Kompleks Istana sekitar pukul 11.12 WIB.
  1. Tito Karnavian, Dipanggil soal Keamanan atau Jadi Menteri?

    Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga merapat ke Istana setelah Erick Thohir. Tito tidak mengenakan kemeja putih melainkan seragam Polri lengkap.

    Tito tiba di Istana pukul 12.10 WIB dengan didampingi Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal dan beberapa jajarannya. Tito mengaku dipanggil terkait keamanan. "Saya belum tahu. Saya dipanggil saya pikir berkaitan dengan keamanan," ujar Tito. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]